Andika Perkasa

Tanggal Lahir: 21 Desember 1964
Tempat Lahir: Bandung, Jawa Barat
Karier:
- Kepala Dinas Penerangan TNI AD (2013)
- Komandan Pasukan Pengamanan Presiden(2014)
- Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura (2016)
- Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (2018)
- Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (2018)
- Kepala Staf Angkatan Darat (22 November 2018)

Andika Perkasa

Banyak berkecimpung di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sejak lulus dari Akademi Militer pada 1987, Jenderal Andika Perkasa memiliki karier militer yang amat moncer. Di usianya yang ke-53, Presiden Joko Widodo mengangkat dia sebagai kepala staf TNI Angkatan Darat pada 22 November 2018.

Melesatnya karier Andika sudah terlihat sejak dia diangkat menjadi brigadir jenderal dan menduduki jabatan kepala Dinas Penerangan TNI AD pada 2013. Setahun berselang, tanda bintang di pundaknya bertambah dua (mayor jenderal) dan dia sudah dipercaya menjadi komandan Pasukan Pengamanan Presiden.

Menginjak 2016, Andika diangkat menjadi panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura. Dalam dua tahun, Andika kembali naik pangkat menjadi letnan jenderal. Saat menjadi bintang tiga, Andika diserahi tanggung jawab sebagai komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat. 

Tak lama berselang, dia terpilih menjadi panglima Komando Strategis Angkatan Darat. Di sini dia sudah mulai diperhitungkan menduduki kursi nomor satu di jajaran TNI AD.

Benar saja, 2018 belum berganti, Andika justru dipercaya Presiden menduduki jabatan kepala staf TNI AD. Otomatis ia mendapatkan pangkat tertinggi sebagai prajurit, yakni jenderal bintang empat.