KPU Jember Siapkan TPS Keliling di RS
Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi. Medcom.id/Kusbandono.
Jember:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menyiapkan TPS keliling untuk pemilih di rumah sakit. Lembaga penyelenggara pemilu ini juga membuat TPS khusus di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Jember.

KPU menempatkan TPS khusus di lapas karena jumlah pemilih yang berada di sana sudah memenuhi syarat untuk didirikannya TPS.


"TPS khusus akan kita dirikan di dalam lapas Jember, karena di lapas telah memenuhi syarat didirikan TPS," kata Komisioner KPU Jember Achmad Hanafi kepada Medcom.id, Senin, 4 Juni 2018.

Sementara, di rumah sakit tak memenuhi syarat untuk didirikan TPS. Sebab, pihaknya kesulitan mendeteksi jumlah pemilih yang berada di sana saat hari pencoblosan.

"Untuk rumah sakit kita akan sediakan TPS keliling bagi pemilih yang sedang sakit dengan melibatkan TPS terdekat." tambah Hanafi.

Kendati demikian, KPU Jember sudah menginstruksikan TPS terdekat untuk melayani pemilih yang berada di rumah sakit agar hak pilih warga tidak hilang. TPS keliling berlaku satu jam sebelum TPS ditutup.

"Kita sudah koordinasi dengan TPS yang dekat Rumah Sakit untuk melayani hak pilih warga yang sedang sakit." Ujar Hanafi.

Meski pihaknya membuka layanan TPS keliling di rumah sakit, namun pemilih tetap harus membawa formulir A5 atau pindah coblos dari TPS asal. Untuk itu, dia berharap agar masyarakat yang berada di rumah sakit menjelang hari pencoblosan agar mengurus form A5 tersebut.



(SUR)