Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Komisi II Tak Bulat Dukung Pilkada Berlanjut

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Sri Yanti Nainggolan • 26 September 2020 15:46
Jakarta: Tak semua anggota Komisi II DPR disebut setuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap dilanjutkan. Ada berbagai suara yang mendorong agar pilkada sebaiknya ditunda.
 
"Komisi II tak solid karena yang minta lanjut, ada yang minta tunda," kata anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 26 September 2020.
 
Mardani mencontohkan anggota Komisi II Sukamto. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyuarakan aspirasi organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang meminta pilkada di tengah pandemi covid-19 dibatalkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut rekan separtainya, Nasir Djamil, juga meminta pemerintah menunda pilkada bila tidak bisa mempersiapkan perangkat yang memadai. Suara serupa juga muncul dari legislator partai penguasa, PDI Perjuangan.
 
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Johan Budi disebut tak setuju pilkada tetap berjalan jika tidak ada sanksi keras kepada pasangan calon yang melanggar protokol kesehatan. Pendapat ini pandangan pribadi Johan, bukan partai.

"Kalau tidak tertulis, secara pandangan umum, kalau tidak ada aturan tegas, (Johan meminta) ditunda," lanjut Mardani.
 
Mardani mengungkapkan Pilkada 2020 memang menjadi momen unjuk kekuatan (show of force). Namun, dia mengingatkan kegiatan yang melibatkan massa berjumlah besar saat virus korona mengintai dapat memicu klaster penularan baru.
 
Baca: Penyelenggara Pemilu, Pemda, dan Aparat Harus Kompak dalam Pilkada 2020
 
"Karena itu harus ada orkestrasi yang kuat," saran dia.
 
Orkestrasi yang dimaksud Mardani yakni kerja sama berbagai pihak, baik dari pemerintah, penyelanggara, atau peserta Pilkada 2020. Semua pihak hanya bersatu menyukseskan pesta demokrasi yang puncaknya berlangsung pada pencoblosan, Rabu, 9 Desember 2020.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif