Dana Awal Kampanye Eramas Rp8 Miliar, Djoss Rp101 Juta

Farida Noris 15 Februari 2018 14:38 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Dana Awal Kampanye Eramas Rp8 Miliar, Djoss Rp101 Juta
ilustrasi Medcom.id
Medan:Tim masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) telah membuat Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. 

Tim paslon Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) menyerahkan LADP dengan saldo awal sebesar Rp101 juta. Kemudian, tim paslon Edi Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) menyerahkan LADK dengan saldo awal sebesar Rp8.001.000.000. 


"LADK ini diserahkan oleh masing-masing tim kampanye pasangan calon ke KPU Sumut semalam sore," kata Divisi Teknis KPU Sumut, Benget Silitonga, Kamis, 15 Februari 2018.

Menurut Benget penyerahan LADK paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara ini telah diatur sesuai Pasal 24 ayat (4) PKPU No. 5 Tahun 2018. Tak hanya itu, masing-masing tim paslon juga menyampaikan akun media sosial paslon.

"LADK ini juga berisikan penerimaan sumbangan yang bersumber dari pasangan calon atau partai politik atau gabungan partai politik dan pihak lain," urai Benget.

KPU Sumut juga telah menetapkan batasan pengeluaran dana kampanye pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut sebesar Rp 83.291.659.812 (Rp 83,2 miliar). Batasan pengeluaran dana kampanye ini disepakati oleh pasangan calon/tim kampanye bersama KPU Sumut.

"Batasan pengeluaran dana kampanye Rp 83,2 miliar itu adalah maksimal. Sementara itu, batasan maksimal sumbangan dari donatur perorangan Rp75 juta. Sedangkan yang badan hukum sumbangan maksimal Rp750 juta," jelas Benget.

Nantinya, paslon juga akan menyampaikan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

"Jadi, pasangan calon wajib mengisi dan melaporkan tiga laporan tersebut. Kemudian melaporkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Laporan itu nanti akan diaudit oleh kantor akuntan publik," terangnya.

KPU Sumut telah menetapkan Paslon Pilgub Sumut 2018 yakni, pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diusung PDI P dan PPP. Kemudian pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah diusung oleh enam koalisi parpol yakni Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, dan NasDem.



(ALB)