Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

KPU Diminta Segera Distribusikan Formulir Salinan Model C1-KWK

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Cindy • 04 Desember 2020 20:57
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mendistribusikan formulir salinan model C1-KWK. Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 tinggal menghitung hari.
 
"Jadi Sirekap ini sebagai alat bantu informasi cepat, maka kebutuhan salinan model C1-KWK harus ada dan ini sudah ditulis dalam PKPU usulan," kata Ketua Bawaslu Abhan dalam konferensi pers secara daring, Jumat, 4 November 2020.
 
Abhan menuturkan mayoritas daerah yang melaksanakan pilkada belum mendapat salinan model C1-KWK. Salinan penting agar proses pemungutan suara berjalan lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ini tidak ada, nanti saksi pasangan calon dan pengawas TPS (tempat pemiliha suara) mendapatkannya darimana?," tanya Abhan.
 
Bawaslu berharap KPU segera menyiapkan seluruh logistik yang dibutuhkan di 270 daerah dalam waktu empat hari sebelum pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Selain itu, Bawaslu menemukan distribusi alat pelindung diri (APD) belum merata.
 
Salah satunya, alat pengukur suhu tubuh (thermogun). Alat ini penting sebagai izin pemilih bisa memasuki TPS.
 
Abhan mengingatkan ketiadaan thermogun akan membahayakan pemilih "Karena kan tentu pemilih ini tidak semuanya pernah rapid misalnya. Maka deteksi awalnya adalah di thermogun," ucap dia.
 
KPU diminta segera mendistribusikan APD ke sejumlah wilayah yang belum menerima. Agar proses pemungutan suara tak terhambat karena logistik tidak tersedia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif