Ketua Bawaslu, Abhan, dalam diskusi virtual, Senin, 16 November 2020. Foto: Istimewa
Ketua Bawaslu, Abhan, dalam diskusi virtual, Senin, 16 November 2020. Foto: Istimewa

Empat Prasyarat Pilkada 2020 Berhasil Versi Bawaslu

Pilkada Virus Korona pilkada serentak bawaslu Pemilu Serentak 2020
Theofilus Ifan Sucipto • 17 November 2020 03:48
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengungkapkan empat prasyarat keberhasilan Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2020. Seluruh indikator itu menjadi penentu pesta demokrasi sukses meski di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Ketua Bawaslu, Abhan, mengatakan prasyarat pertama yakni kerangka hukum yang kuat. Dasar hukum diperlukan agar hasil pilkada serentak mendapat legitimasi dan tidak digugat masyarakat.
 
Salah satu dasar hukum itu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga merilis berbagai peraturan KPU (PKPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bawaslu: Kesuksesan Pilkada Tanggung Jawab Bersama
 
Prasyarat kedua, kata Abhan, yakni adanya anggaran yang memadai. Dia bersyukur pemerintah mengabulkan tambahan anggaran bagi Bawaslu untuk menyediakan alat pelindung diri (APD).
 
"Karena ada pandemi, tentu ada kebutuhan tambahan APD bagi penyelenggara dan masyarakat," terang Abhan dalam diskusi virtual, Senin, 16 November 2020.
 
Abhan menyebut prasyarat ketiga yakni teknis penyelenggaraan yang jelas. Informasi teknis yang detail diyakini membuat masyarakat merasa aman saat datang ke tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Ini tugas berat mendorong partisipasi masyarakat tinggi sesuai target KPU, 77,5 persen," tutur Abhan.
 
Prasyarat keempat yakni pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun menjadi keniscayaan.
 
"Kami tidak menghendaki ada klaster baru (akibat pilkada)," tegas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif