Taj Yasin Tegaskan Pelaku UMKM Jateng Didominasi Perempuan
Cawagub nomor urut 1 Pilgub Jateng Taj Yasin/MI/haryanto
Jakarta:Isu gender menjadi pembicaraan hangat dalam debat Pilgub Jateng 2018 bertema Pelayanan Publik dan Perekonomian. Cawagub nomor urut 1 Taj Yasin membeberkan peran perempuan dalam penguatan ekonomi di wilayah itu.

Yasin mengklaim usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jateng cukup bagus. Isu emansipasi perempuan yang kerap didengungkan Ida terjawab dengan apa yang terjadi di lapangan.
 
"Tahu enggak siapa pelaku UMKM? Adalah para ibu-ibu," Yasin menjawab pertanyaan Ida terkait isu perempuan dalam debat di Metro TV, Kamis, 3 Mei 2018.


Yasin dan pasangannya, Ganjar Pranowo, berkomitmen mendampingi pelaku usaha di pedesaan untuk mendapatkan pekerjaan melalui UMKM. Penjelasan Yasin sekaligus menjawab pertanyaan Ida soal pertumbuhan ekonomi hingga tingkat pengangguran di Jateng.

Yasin mengakui masih ada 4 persen pengangguran di Jateng. Namun, tingkat pengangguran itu tercatat berdasarkan kondisi demografis Jateng.

Pengangguran di wilayah kota diklaim sudah tidak ada. Angka 4 persen pengangguran berada di pedesaan.

Ada dua unsur penting yang harus dilakukan guna menekan angka penggangguran itu. Kesehatan dan pendidikan menjadi kunci. Warga diminta secara mandiri memotret kebutuhan.

"Kami ingin nantinya kita mendampingi masyarakat pedesaan. Agar mereka memeotret di desa apa yang dibutuhkan," ucap dia.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id