Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

KPU Papua Optimistis Mampu Sukseskan Pilkada Serentak

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Roylinus Ratumakin • 10 Juli 2020 12:12
Jayapura: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua optimistis mampu menyukseskan Pilkada Serentak 2020, ditengah pandemi covid-19.
 
"Secara eksternal kami sudah menyiapkan sosialisasi berkelanjutan kepada masyarakat secara daring maupun baliho-baliho yang akan digencarkan di ruang publik," kata Ketua KPU Papua Theodorus Kossay, Jumat, 10 Juli 2020.
 
Selain mengintensifkan sosialisasi, kata Kossay, KPU juga fokus pada bimtek, monitoring tahapan, supervisi, hingga penguatan karakter, mental, dan kapasitas bagi penyelenggara pemilu (KPU).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena selain partisipasi pemilih, kualitas penyelenggaraa di dalam pesta demokrasi juga menjadi poin yang sangat penting apalagi di masa pandemi," ujarnya.
 
Baca juga:Mendagri Izinkan Kandidat Pemilu Gelar Kampanye Terbuka
 
Kossay pun mengingatkan masyarakat, pendukung kandidat, partai politik, dan penyelenggara agar disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Hal ini juga menjadi penentu kesuksesan pilkada.
 
"Untuk sementara hindari kumpul-kumpul dengan pemilih, jaga jarak, wajib mengunakan masker dan patuhi protokoler kesehatan yang lainnya," tegas dia.
 
Ia menambahkan di Papua ada 11 kabupaten yang akan menyelengarakan pilkada tahun ini yakni Kabupaten Keerom, Mamberamo Raya, Supiori, Waropen, Nabire, Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Merauke, dan Kabupaten Agats. Dari 11 kabupaten itu, lima di antaranya masih zona merah penyebaran covid-19.
 
“Pada dasarnya KPU Papua siap menjalankan pilkada jika sudah ada perintah dari KPU RI melalui SK pengaktifan kembali sejumlah tahapan yang sempat diberhentikan sementara beberapa waktu lalu,” imbuh dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif