Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi.
Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi.

Demak Terima 2.291 Kotak Suara

Pilkada surat suara pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Rhobi Shani • 13 November 2020 14:56
Demak: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak mulai menerima logistik Pilkada 2020. Logistik yang sudah diterima yakni kotak suara, sementara surat suara dijadwalkan dikirim pekan depan.
 
Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan kotak suara yang sudah diterima sebanyak 2.291. Kotak suara telah disimpan di gudang Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Demak.
 
"Besok mulai perakitan (kotak suara). Target kami mulai minggu depan kebutuhan logistik sudah mulai diterima bertahap," ujar Bambang, Jumat, 13 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan, proses sortir lipat akan dilakukan di gedung aula Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Demak. Masyarakat akan dilibatkan dalam proses tersebut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.
 
Dia mengatakan, jumlah tenaga manusia yang dibutuhkan untuk sortir dan lipat surat suara akan disesuaikan dengan luas gedung. Itu dilakukan supaya dalam proses sortir dan lipat dapat mengatur jarak pekerja.
 
"Kami akan hitung dulu gedungnya. Pakah nanti dibuat per kelompok lima atau enam orang akan menyesuaikan gedungnya," kata Bambang.
 
KPU Demak mentargetkan waktu tiga hari untuk menyelesaikan sortir dan lipat 877.280 surat suara. Proses sortir dan lipat dimulai akhir pekan depan. Selama proses sortir dan lipat, pekerja diwajibkan memakai masker.
 
Baca:NasDem Sumenep Target Kemenangan Fattah Jasin-Ali Fikri 60%
 
Sementara itu, surat suara Pilkada Demak mulai dicetak dipercetakan Pura Kudus lusa, Minggu, 15 November 2020. Informasi yang diterima KPU Demak, dibutuhkan waktu dua hari untuk mencetak 877.280 surat suara.
 
"Selesai dicetak nanti disortir dan dipak baru dikirim. Setelah kami terima, kami juga akan melakukan sortir dan lipat," terangnya.
 
Nantinya surat suara Pilkada Demak akan disimpan di gudang IPHI di Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. KPU Demak membutuhkan waktu tiga hari untuk sortir dan lipat surat suara.
 
"Semua kami fokuskan (penyimpanan) di gedung aula IPHI Demak," ungkapnya.
 
Pilkada Demak 2020 membutuhkan 877.280 surat suara. Perhitungan itu berdasarkan jumlah pemilih tetap sebanyak 852.885 pemilih ditambah 2,5 persen. Dan ditambah 2.000 surat suara cadangan untuk pemilihan ulang.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif