Distribusi Logistik Pilgub Sulsel Dipacu Sebelum Lebaran
Logistik Pilgub Sulsel mulai disebar ke 24 daerah. Medcom.id
Makassar:KPU Provinsi Sulawesi Selatan mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Gubernur Sulsel ke 24 kabupaten/kota, Jumat, 8 Juni 2018. Pendistribusian secara bertahap itu dikawal petugas kepolisian dan diharapkan rampung sebelum Lebaran. 

Pada tahap awal penyebaran logistik diutamakan untuk 6,1 juta lembar surat suara. Hari ini surat suara dikirim ke delapan daerah, meliputi kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Barru, Pinrang, Pangkep, dan Barru. Dua lainnya di kota Palopo dan Parepare.


Logistik lain terkait kebutuhan pemungutan suara menyusul belakangan, karena ada barang yang baru selesai tahap lelang.

Komisioner KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi mengatakan, pengiriman logistik dilanjut dengan distribusi surat suara ke kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu besok. Menyusul daerah lain dengan prioritas pertimbangan medan geografis yang sulit.

"Kita ingin distribusi rampung secepatnya. Target 13 atau 14 (Juni) sudah selesai untuk pengiriman kebutuhan logistik," kata Syarif saat melepas truk pengangkut surat suara, di halaman Kantor KPU Sulsel jalan AP Pettarani Makassar, Jumat siang.

Surat suara yang dikirimkan KPU ke kabupaten/kota, jumlahnya sesuai daftar pemilih tetap (DPT) di daerah masing-masing. Termasuk di dalamnya lembaran cadangan sejumlah 2,5 persen untuk setiap TPS.

"Dari tingkat kabupaten/kota akan langsung disebar lagi ke bawah, sampai TPS. Semua dikawal ketat," ujar Syarif.

Di Sulsel, Syarif mengakui, masih ada daerah yang sulit diakses karena medan yang terisolir. Begitu juga daerah yang memerlukan waktu tempuh lama. Misalnya kecamatan Seko di  Luwu Utara, yang ditempuh berhari-hari dari ibukota kabupaten.

Untuk daerah yang seperti ini, KPU sudah mempersiapkan rencana teknis agar penyebaran logistik bisa tepat waktu.

"Kita upayakan logistik sampai lewat darat atau udara. Ada rencana menyewa helikopter atau pesawat," kata Syarif.

Pada Pilgub Sulsel 2018, KPU Sulsel menetapkan DPT sebanyak 6.022.987 orang. Pemilih tersebar di 306 kecamatan dengan total 18.035 TPS.



(ALB)