Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD--MI/Susanto
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD--MI/Susanto

Mahfud: Dinasti Politik Hal Lumrah

Pilkada mahfud md partai politik pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 05 September 2020 16:23
Jakarta: Dinasti politik dianggap hal lumrah. Tidak ada negara mana pun di dunia yang melarang keterlibatan keluarga dalam berpolitik.
 
"Di mana-mana di seluruh dunia mana ada orang melarang mencalonkan diri hanya karena kakaknya itu bupati (pemimpin pemerintahan)," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam Webminar MMD Institut di Jakarta, Sabtu, 5 September 2020.
 
Mahfud menyampaikan, keikutsertaan keluarga pejabat dalam kontestasi politik tidak selalu negatif. Dia mencontohkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Mahfud, pernah ada calon yang berpartisipasi di Pilkada Bangkalan, karena menilai kepemimpinan saudaranya di Bangkalan, buruk. Meski tak memerinci kejadiannya, Mahfud menegaskan keterlibatan keluarga dalam politik tak bisa dibatasi.
 
Baca:Jimly Sebut Banyak Parpol Terjebak Politik Dinasti

Konstitusi, kata dia, juga tak menghalangi keluarga pejabat ikut berpartisipasi dalam kontestasi politik. Upaya tersebut dianggap melanggar hak asasi manusia (HAM).
 
"Tidak bisa akan terjadi (pembatasan keluarga pejabat ikut kontestasi politik), pelanggaran HAM kalau itu dilakukan," ujar dia.
 
Namun keterlibatan keluarga harus dipisahkan dari kewenangan pejabat terkait. Mahfud mewanti-wanti keluarga pejabat tak ikut campur dalam urusan proyek.
 
Dia mencontohkan kebijakan yang berlaku saat zaman kolonial Belanda. Keluarga pejabat tidak boleh menggarap proyek.
 
"Anaknya satu garis ke bawah tidak boleh ikut proyek di kantor ayahnya. Dua garis ke samping tidak boleh ikut proyek itu bisa di zaman Belanda," sebut dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif