Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Polri Selidiki 28 Dugaan Pelanggaran Pidana di Pilkada 2020

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 14 Oktober 2020 23:20
Jakarta: Polri tengah mengusut dugaan pelanggaran pidana pada pelaksanaan Pilkada 2020. Total ada 28 pelanggaran yang diterima Polri dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).
 
"Perkara yang diteruskan ke Polri ada 28 perkara," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Awi Setiyono di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Dari 28 yang masuk ke Polri, sebanyak 14 perkara dalam tahap penyidikan, satu perkara pada tahap I, satu perkara P19 atau pengambilan berkas untuk dilengkapi, dan satu perkara sudah lengkap atau P21.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, ada empat perkara masuk tahap II, dan tujuh perkara telah dihentikan penyidikannya atau SP3.
 
Baca: 7 ASN Kota Semarang Terindikasi Tak Netral
 
Jenis pelanggaran yang terjadi, yakni sembilan perkara terkait tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, empat perkara terkait pemalsuaan dokumen, serta empat perkara tidak melaksanakan verifikasi dan rekapitulasi dukungan.
 
Ada tiga perkara politik uang, dua perkara mutasi pejabat dalam waktu yang tidak ditentukan, dua perkara menghilangkan hak sesorang menjadi calon kepala daerah.
 
"Menghina dan menghasut yang bertujuan untuk suku, ras, agama, dan antargolongan (sara) dua perkara, mahar politik satu perkara, dan menghalangi penyelenggara pemilihan melaksanakan tugas sebanyak satu perkara," tuturnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif