Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.

KPK Minta Cakada Bersaing Tanpa Pecah Belah Masyarakat

Pilkada kpk pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 27 Oktober 2020 17:03
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta calon kepala daerah (cakada) pada Pilkada 2020 bersaing sehat. Persaingan cakada diharapkan tak memecah belah masyarakat.
 
"Ajarkan publik bisa berkompetisi secara sehat tanpa merusak tatanan persaudaraan," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam webinar Pembekalan Pilkada Berintegritas 2020, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Lili mengatakan kebaikan yang menjadi fondasi di masyarakat harus dijaga. Cakada juga harus menyampaikan komitmen kepada publik menjadi peserta pilkada yang berintegritas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Janganlah memengaruhi pemilih. Bagaimana sumber daya milih daerah barang, fasilitas, anggaran, dan lain-lain itu tidak dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye," ucap Lili.
 
Mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ini juga meminta panitia pengawas (panwas) serius memantau proses tahapan pilkada. Jangan sampai proses demokrasi ternodai dengan ulah kelompok untuk mencapai kepentingan tertentu.
 
"Jangan mencederai pesta demokrasi hanya karena janji atau pemberian untuk memuluskan kepentingan orang-orang atau kelompok tertentu. Gunakan semua sarana dan media pengawasan dengan sebaik-baiknya," kata Lili.
 
Baca: KPK Ingatkan Pemilih Tak Pilih Cakada Eks Koruptor
 
KPK juga mengimbau masyarakat mempelajari calon yang akan dipilih. Rekam jejak yang baik perlu diperhatikan untuk mendukung upaya antikorupsi.
 
"Pilih calon yang tak terlibat politik uang, peduli, dan memihak kepada rakyat. Hindari konflik kepentingan dan dia berani tegakkan integritas," ujar Lili.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif