Debat II Pilgub Jatim Bahas Ekonomi dan pembangunan
Saifullah Yusuf (kedua kanan) saat menjawab pertanyaan panelis di debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4). Foto: Antara/Zabur Karuru
Surabaya:Debat publik tahap II Pilgub Jawa Timur 2018 akan digelar pada, Selasa, 8 Mei 2018 mendatang. Debat akan dilangsungkan di di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Jawa Timur itu mengusung tema 'Ekonomi dan pembangunan'.

Komisioner KPU Jatim Choirul Anam mengatakan tema yang diangkat disusun oleh empat orang panelis yakni, Rektor Universitas Jember Muhammad Hasan, Guru Besar Universitas Brawijaya Nuhfil Hanani, Sekertaris Dewan Pakar ICMI Malang Arif Hoetoro, dan Wakil Dekan Fakuktas Hukum Unair Surabaya Nurul Barizah.


Adapun materi tema di antaranya tentang kebijakan bidang pertanian perkebunan dan perikanan, bidang mikro usaha menengah dan koperasi. Kemudian bidang penanaman modal dan investasi, bidang infratruktur dan prasarana wilayah, bidang pembangunan wilayah daerah kepulauan, dan daerah terpencil, bidang pembangunan BUMD, bidang Kemaritiman, bidang ESDM dan Lingkungan, serta bidang tata ruang wilayah (zonasi).

"Nantinya ada sembilan pertanyaan yang akan diajukan tim panelis terhadap kedua paslon," kata Anam, saat jumpa pers di Gedung KPU Jatim di Jalan Tenggilis, Surabaya, Senin, 7 Mei 2018.

Para panelis nantinya akan tampil langsung ke panggung untuk membacakan pertanyaan yang telah dipilih oleh kedua paslon. Sebelum membacakan pertanyaan tersebut, nantinya masing-masing paslon terlebih dahulu akan mengambil amplop berisi pertanyaan untuk paslon lainnya.

"Misal, paslon nomor 1 akan mengambilkan amplop berisi pertanyaan untuk paslon nomor 2 untuk kemudian dibacakan panelis. Begitu juga sebaliknya, paslon nomor 2 mengambilkan amplop pertanyaan untuk paslon nomor 1," ujarnya.

Pilkada Jatim 2018 akan digelar pada 27 Juni 2018, untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2. 

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id