Warga Diimbau Cek DPT
Pilkada. Ilustrasi: Medcom.id.
Jakarta:Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau masyarakat untuk mengecek nomor induk kependudukan (NIK) di daftar pemilih tetap (DPT). Ini perlu dilakukan sebelum pemungutan suara Rabu, 27 Juni 2018.

"Masyarakat perlu dengan seksama mengecek data dirinya melalui dua cara, datang ke kantor desa, kelurahan, di situ adaprint out TPS per desa/kelurahan ditempel dan diumumkan," kata Komisioner KPU Viryan Azis di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 25 Juni 2018.


Selain itu, warga juga bisa mengunjungi portal pemilu.go.id. Dari sana, mereka bisa mengecek data pemilih. 

"Silakan dicek (NIK-nya) dengan seksama. Karena ada kasus menyampaikan pada saya belum terdaftar, sekali kita minta NIK-nya foto KTP, dicek oleh tim data informasi (datin) ada," ungkap Viryan.

Baca:KPU Optimistis Partisipasi Politik Pilkada 2018 Meningkat

Viryan berharap masyarakat memastikan namanya terdaftar dalam DPT. Ia ingin menyadarkan pemilih yang selalu mengandalkan formulir C6 saat pencoblosan.

"Biasanya masyarakat ini sudah terbiasa dengan menunggu formulir model C6. Padahal formulir itu merupakan pemberitahuan bukan undangan yang dibagikan untuk menginformasikan nama pemilih tercantum di TPS berapa," ujar dia.

Dengan mengecek DPT, kata dia, masyarakat bisa menghubungi kantor panitia pemungutan suara (PPS), kantor panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kantor KPU kabupaten/kota jika namanya belum terdaftar. "Nanti akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih tambahan (DPTB). DPTB ini akan mencoblos satu jam terakhir."




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id