Karolin Tekankan Pentingnya Koperasi Kredit di Kalbar
Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, Karolin Margret Natasa.
Pontianak: Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, Karolin Margret Natasa mengapresiasi peran Credit Union (CU) atau koperasi kredit di Kalimantan Barat. Koperasi itu dinilai mampu membantu masyarakat dalam pengelolaan keuangan.
 
Karolin bersama pasangannya Suryadman Gidot akan menggandeng lembaga keuangan seperti CU untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang mengelola keuangan. Sehingga mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kalbar.
 
"Dengan kehadiran CU di tengah masyarakat, yang mampu menjangkau hingga pelosok pedalaman, diharapkan kehadirannya tidak hanya bisa membantu permasalahan ekonomi masyarakat, namun juga masalah lainnya," kata Karolin, Senin, 4 Juni 2018.
 
Karolin mengatakan, gerakan CU selama ini hanya fokus pada aktivitas keuangan. Padahal, kata Karolin, CU bisa dikembangkan lebih luas dengan memfasilitasi anggota dalam pengembangan bisnis atau usaha-usaha produktif mereka.
 
Cagub Kalbar perempuan satu-satunya ini menambahkan, jaringan bisnis sangat potensial untuk penyediaan bahan baku yang dibutuhkan sekaligus pemasaran produk dan jasa-jasa. Tersedianya ICT (information and communication technology) yang sederhana seperti handphone (HP) dan internet sangat memungkinkan bekerjanya jaringan bisnis berlangsung secara efisien.

Baca: Daerah Perbatasan Jadi Fokus Strategi Karolin Menangkan Pilgub Kalbar


Pola gerakan Credit Union ini mampu meningkatkan keunggulan bersaing UMKM sekaligus kemandirian bangsa di tengah serbuan produk-produk dari Tiongkok dengan berbagai pilihan dan harganya super murah.
 
"CU tentu harus ambil bagian dalam mengembangkan usaha rakyat, agar produk-produk kita bisa berjaya di negeri sendiri. Jangan sampai produk dari negara tetangga dan Tiongkok justru membanjiri pasar kita," pungkas Karolin.



(FZN)