Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Anggaran Pilkada Serentak Diprediksi Bertambah

Pilkada Pemilu Serentak 2020
Ahmad Mustaqim • 12 Mei 2020 14:29
Yogyakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Trapsi Hariyadi, memperkirakan anggaran penyelenggaraan pilkada serentak bertambah.
 
Menurut Trapsi, apabila pilkada serentak tetap diselenggarakan pada Desember 2020, persiapan harus mengikuti protokol kesehatan. Petugas yang bekerja ditengah pandemi pun harus dipastikan aman dari potensi penularan virus.
 
"Pelaksanaan Pilkada 2020 kemungkinan ada perubahan anggaran, karena ada konsekuensi prosedur kesehatan," kata Trapsi, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:KPU Tangsel Memulai Tahapan Pilkada pada Juli
 
Trapsi mengungkapkan ada tiga wilayah di DIY yang dijadwalkan menyelenggarakan pilkada tahun ini. Selain Sleman, pilkada juga di Kabupaten Bantul, dan Gunungkidul.
 
Lebih lanjut, kata Trapsi, pihaknya berpedoman pada regulasi yang mengatur tentang pelaksanaan pemungutan suara pada Desember 2020 dan pelaksanaan pemungutan suara dapat ditunda kembali setelah bencana nonalam dinyatakan berakhir. Dalam situasi itu, pihaknya belum mengetahui apakah pilkada serentak akan digelar pada 2020 atau 2021.
 
"Akhir Mei akan kembali rapat kerja antara DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilihan umum untuk menentukan dan melihat perkembangan status kedarutan covid-19. KPU Kabupaten Sleman akan menunggu regulasi selanjutnya dari KPU RI, terkait persiapan tahapan selanjutnya yang beberapa bulan lalu terhenti," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif