Timses Dua Paslon Sepakat Tak Pakai SARA dan Politik Uang
Deklarasi damai timses dua pasangan calon gubernur Jateng di Kota Solo, Jawa Tenga. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati
Solo:Dua tim sukses (timses) pasangan calon di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 sepakat untuk berkampanye damai. Salah satunya tidak akan menggunakan isu SARA dalam kampanye calon gubernur.

"Kami sepakat, tidak melakukan kampanye hitam, memainkan isu SARA atau menghina pasangan calon lainnya," kata perwakilan kedua Timses Cagub Jateng saat membacakan deklarasi di Mapolresta Surakarta, Kamis, 15 Februari 2018.


Mereka juga bersepakat tidak memakai politik uang. Kedua timses berkomitmen untuk menjaga stabilitas politik dan ketertiban umum.

Usai deklarasi dibacakan, kedua timses menandatangani kesepakatan tersebut. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo dan perwakilan Panwaslu.

"Setelah penandatanganan, kedua perwakilan timses siap menerima sanksi jika melakukan pelanggaran," ujar salah satu timses pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziah, Irawan Purnomo.

Kapolresta Surakarta Kombes Ribut Hari Wibowo mengemukakan TNI-Polri siap bersinergi mengamankan tahapan Pilgub Jateng. "Semua berkomitmen menjaga Solo tetap damai," ujar dia.

Bahkan Polresta Surakarta, lanjutnya, telah memiliki tim patroli dunia maya untuk mengawasi kegiatan terkait Pilgub Jateng di media sosial. Jika didapati kampanye hitam atau ujaran kebencian, kepolisian akan bergerak.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id