Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin rapat pimpinan bersama bidang anggaran MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 April 2020. Foto: Antara/Didik Setiawan
Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin rapat pimpinan bersama bidang anggaran MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 April 2020. Foto: Antara/Didik Setiawan

Bamsoet Minta Paslon Pakai Teknologi dalam Berkampanye

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 28 September 2020 18:25
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pasangan calon (paslon) kepala daerah memanfaatkan teknologi dalam berkampanye. Hal ini telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 tentang Penyelenggaraan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19.
 
"Membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam berkampanye," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Senin, 28 September 2020.
 
Bamsoet menekankan protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19) harus diterapkan secara displin selama masa kampanye. Hal ini demi mencegah munculnya klaster baru selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 berlansung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PKPU Nomor 13, kata Bamsoet, harus dijalankan secara tegas dengan tidak mengenyampingkan sisi kemanusiaan. Sanksi harus diberikan kepada setiap pelanggar protokol kesehatan.
 
"Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) sebaiknya mengawasi kampanye Pilkada 2020 secara konsisten," tutur dia.

Bawaslu disarankan dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki otoritas untuk membantu mengawasi jalannya tahapan Pilkada 2020. Hal ini penting saat kampanye yang bergulir selama 71 hari.
 
"Berpotensi terjadinya kembali pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh sejumlah pihak," imbuh dia.
 
Baca: 8 Paslon Langgar Protokol Kesehatan pada Hari Pertama Kampanye
 
Pilkada 2020 digelar di 270 daerah yang meliputi 9 pemilihan gubernur (pilgub), 224 pemilihan bupati (pilbup), dan 37 pemilihan wali kota (pilwalkot). Total 698 pasangan bertarung di Pilkada 2020: 24 pasangan mengikuti pilgub, 579 di pilbup, dan 95 di pilwalkot.
 
Peserta pilkada serentak diberi kesempatan berkampanye dari Sabtu, 26 September 2020, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara berlangsung Rabu, 9 Desember 2020, dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif