Mendagri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Seluruh Pemilih Pilkada Harus Mendapatkan KTP-el

Pilkada pilkada serentak e-ktp Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 06 Oktober 2020 16:23
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memerintahkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) memastikan seluruh pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Kepemilikan KTP-el penting guna mencegah hilangnya hak pemilih akibat tidak memiliki identitas diri.
 
"Pak Dukcapil (Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh) dan seluruh kepala dinas betul-betul menggenjot maksimal sebelum hari pemungutan suara. Setiap pemilih sudah memiliki e-KTP," kata Tito dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil 2020 secara virtual, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Tito memastikan pada 2020 tidak ada lagi permasalahan blanko KTP-el. Kementerian Keuangan telah memenuhi anggaran untuk alokasi blanko KTP-el.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Seluruh Data WNI Harus Terekap dalam KTP-el
 
Namun, Tito menyadari menjelang hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 akan ada penambahan jumlah pemilih potensial yang telah berusia 17 tahun. Pemilih itu diyakini akan mengalami kesulitan untuk membuat KTP-el dalam waktu dekat.
 
"Untuk itu mereka (akan) diberikan surat keterangan (sebagai pemilih)," kata dia.
 
Setiap daerah penyelenggara Pilkada 2020 dapat melakukan koordinasi dengan Ditjen Dukcapil untuk merekap jumlah calon pemilih yang mendapatkan surat keterangan. Tito tak ingin ada penyalahgunaan surat keterangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
 
"Jangan sampai banyak sekali keluhan dari KPU daerah, pemilih banyak yang menggunakan surat keterangan. Saya minta menjadi perhatian betul ini menyangkut sistem demokrasi kita," tegas dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif