Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: MI/Fransisco Carolio HG
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: MI/Fransisco Carolio HG

PKS Masih Cari Lawan untuk Gibran-Teguh

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 04 Agustus 2020 15:24
Jakarta: Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyampaikan pihaknya tetap berusaha menghadirkan penantang bagi pasangan calon Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa (Gibran-Teguh) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020. Calon tunggal dianggap buruk bagi demokrasi.
 
"Karena ini pertaruhan demokrasi. Musibah jika di Solo harus melawan kotak kosong," kata Mardani kepada Medcom.id, Selasa, 4 Agustus 2020.
 
Anggota Komisi II itu menyebutkan pihaknya bakal merayu partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Solo untuk tidak memberikan rekomendasi ke Gibran-Teguh. Dengan begitu, calon lain pada pilkada diharap muncul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Publik dapat membantu dengan mendesak partai tersisa untuk bersikap serupa (tidak mendukung Gibran-Teguh)," ungkap dia.
 
Mardani mengakui upaya menghadirkan calon lain pada Pilkada Solo cukup berat. Pasalnya, salah satu partai, yakni Gerindra telah memberikan rekomendasi resmi kepada Gibran-Teguh.
 
Dia menyampaikan pada periode ini hanya beberapa partai selain PDI Perjuangan dan Gerindra yang lolos ke Parlemen Kota Solo. Mereka yakni PKS dengan lima kursi, Partai Golkar tiga kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) tiga kursi, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) satu kursi.
 
Baca: Gerindra Resmi Dukung Gibran Rakabuming di Pilwalkot Solo
 
Meskipun berat, Mardani menyebutkan pihaknya belum menyerah menghadirkan lawan bagi Gibran-Teguh. Dia meyakini tetap ada peluang hingga pendaftaran calon kepala daerah ditutup.
 
"Sampai pendaftaran 4-5 September selalu ada peluang menghadirkan calok alternatif untuk kesehatan demokrasi kita," ujar dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif