Jelang Pencoblosan, 2.400 Surat Suara Raib
Pemilu. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Semarang:Sebanyak 2.400 surat suara untuk pemilihan bupati (pilbup) Cirebon dinyatakan hilang. Hal ini membuat menyebut pilkada di daerah itu tertunda.

"Di Jawa Barat ada kejadian kehilangan surat suara di empat TPS (tempat pemungutan suara). Kejadiannya di Kabupaten Cirebon," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan di Sendang Mulyo, Semarang, Rabu, 27 Juni 2018.


Menurut dia, surat suara hilang beberapa jam sebelum pemungutan suara. Padahal, seharusnya surat suara sudah ada di lokasi. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan KPU terkait hal ini. 

"Soal potensi kecurangan, kami minta KPU segera menindaklanjuti kejadian ini. Jangan sampai surat suara yang hilang ini disalahgunakan," sebut Abhan.

Baca:'Serangan Fajar' Dilaporkan Terjadi di Beberapa Daerah

Selain itu, ia juga memerintahkan Bawaslu Cirebon menangani hal ini. Apakah perlu melanjutkan penundaan atau meneruskan pilbup di sana. Pasalnya, sudah ada surat suara cadangan yang diturunkan.

"Kita sedang cek dulu apakah jumlah surat suara cadangan itu cukup. Kalau cukup, pemungutan suara bisa tetap dilakukan. Kalau tidak cukup, pemungutan suara ya harus ditunda, " kata Abhan. 






(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id