Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id

KPU Susun Mitigasi Risiko Pilkada Lewat PKPU

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 13 Oktober 2020 13:02
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku telah menyusun mitigasi risiko Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di tengah pandemi virus korona. Mitigasi tersebut tertuang dalam sejumlah Peraturan KPU (PKPU).
 
"PKPU 6, PKPU 10, dan PKPU 13 adalah bagian dari upaya kita melakukan mitigasi risiko," ujar Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU Ilham Saputra kepada Medcom.id, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
PKPU 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada di Tengah Bencana Nonalam Covid-19 telah mengalami dua kali perubahan. Perubahan tersebut berupa PKPU 10 dan PKPU 13 sebagai peraturan teranyar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, beberapa aturan akan memperkuat mitigasi risiko penyebaran covid-19. Seperti penerapan protokol kesehatan saat berada di tempat pemungutan suara (TPS). Aturan tersebut dalam waktu dekat akan diundangkan.
 
"Juga ada surat edaran kepada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota tentang penerapan protokol covid-19," jelasnya.
 
Baca: KPU Diminta Susun Mitigasi Risiko Pilkada 2020
 
Atas dasar itu, KPU menilai tidak perlu membentuk aturan secara sepesifik yang mengatur mitigasi risiko dalam pelaksanaan pilkada di tengah pandemi covid-19.
 
Sebelumnya, KPU diminta menyusun mitigasi risiko dalam gelaran Pilkada Serentak 2020. Upaya ini dapat menekan risiko terburuk saat penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi covid-19 (korona).
 
"Jadi tingkat risiko yang harus ditetapkan, di mana kita sampai pada keputusan lanjut atau tidak," ujar Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, Eko Prasojo, dalam diskusi virtual.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif