Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

KPU Sumenep Target Partisipasi Pemilih Pilbup 80%

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Rahmatullah • 10 November 2020 15:07
Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) pada 9 Desember 2020, mencapai 80 persen. Target tersebut lebih tinggi ketimbang target nasional yakni 77,5 persen.
 
"Target partisipasi untuk angka nasionalnya 77,5 persen, kita 80 persen. Bahkan angka 100 persen partisipasi dapat tercapai di Kabupaten Sumenep," ujar kata Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi, Selasa, 10 November 2020.
 
Dia menerangkan, KPU Kabupaten Sumenep terus gencar melakukan sosialisasi. Tidak hanya itu, pendekatan secara langsung kepada kaum milenial juga dilakukan, agar mereka bisa menularkan informasi pentingnya menggunakan hak suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Generasi muda ini kita harapkan dapat melanjutkan untuk juga memberikan pemahaman kepada masyarakat yang mungkin sampai sekarang belum paham tentang pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep," ucap Rafiqi.
 
Sementara itu, pihaknya telah menerima logistik alat pelindung diri (APD) untuk kepentingan Pilbup 9 Desember 2020. APD yang diterima dari KPU Pusat melalui KPU Provinsi Jawa Timur ini meliputi handsanitizer, desinfektan, handsoap.
 
Baca:KPU Ingatkan Penyelenggara Pilkada Bekerja Sesuai Rambu
 
"Logistik ini yang datang pertama dan terbatas hanya APD. Kekurangannya menyusul bisa besok," kata Divisi Teknis KPU Kabupaten Sumenep, Rahbini.
 
Ia menyebutkan, total dari tiga jenis APD yang diterima kali ini sejumlah 65.301 botol. Setelah semua terpenuhi, maka akan langsung didistribusikan ke setiap TPS.
 
"Sekarang kita masih menunggu logistik APD yang lain. Setelah itu kita distribusikan lebih awal dari logistik Pilkada lainnya," jelasnya.
 
Rahbini mengatakan, akan memeriksa APD untuk memastikan ada tidaknya kerusakan. Jika ditemukan ada kerusakan, akan langsung dilaporkan agar segera diganti. Sebab kebutuhan APD ini untuk memenuhi seluruh TPS.
 
Mengenai logistik pemungutan suara, masih dalam proses pencetakan. Diharapkan dapat rampung dan diterima tepat waktu, mengingat KPU Kabupaten Sumenep menjadwalkan pengiriman ke setiap wilayah dilakukan mulai akhir November 2020.
 
"Tanggal 30 ini kita rencana sudah mendistribusikan. Kita sudah koordinasi dengan penyedia. Jadi kita tetap pantau terus perkembangan logistik ini," sebut Rahbini.
 
KPU Kabupaten Sumenep sudah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilbup Kabupaten Sumenep 2020 sebanyak 822.320 orang. Untuk dapat minimal memenuhi target nasional harus ada sekitar 637 ribu pemilih menggunakan hak suaranya.
 
Untuk diketahui, sekarang tahapan pada Pilbup Kabupaten Sumenep tahun ini yaitu masih masa kampanye untuk paslon. Diantaranya paslon 01 Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan paslon 02 Fattah Jasin-Ali Fikri.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif