Kepala BNPB Doni Monardo. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Kepala BNPB Doni Monardo. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Penundaan Pilkada Disebut Berdampak pada Penanganan Covid-19

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 01 Oktober 2020 18:39
Jakarta: Ketua Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo menyebut menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 akan berdampak pada keberlanjutan kebijakan strategis di daerah dalam penanganan covid-19. Karena 261 kabupaten/kota dan sembilan provinsi akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt) kepala daerah.
 
"Plt tidak mungkin mengambil keputusan. Padahal (penanganan) covid-19 harus memiliki sebuah sistem satu komando, harus ada figur yang betul-betul menyelesaikan persoalan," ujar Doni dalam diskusi virtual, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Dampak lain yang akan dirasakan dalam menyinergikan seluruh komponen di daerah ialah tidak ada sosok yang kuat untuk dapat mengambil keputusan secara cepat. "Jadi kita memilih (pilkada lanjut) atas pilihan yang sama-sama kurang bagus, tetapi kita semua harus yakin kalau kita bisa menyusun strategi secara bersama-sama," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menjaga Jarak Tantangan Terbesar Pilkada 2020
 
Doni mengatakan belum ada ahli dari seluruh negara yang dapat memastikan covid-19 dapat hilang. Kehadiran vaksin covid-19 yang ditargetkan dapat diproduksi massal pada awal 2020 tidak menjamin virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu mereda.
 
"Artinya divaksin ada yang mendapatkan antibodi (dapat) terhindar dari covid-19, tapi menunggu giliran yang lain," jelasnya.
 
DPR dan pemerintah sepakat Pilkada 2020 tak lagi ditunda. Keberlanjutan tahapan Pilkada 2020 berdasarkan hasil rapat Komisi II bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan penyelenggara pilkada.
 
“Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tetap dilangsungkan pada 9 Desember 2020,” kata Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 21 September 2020.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif