Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Legislator Temukan Rekrutmen Petugas KPPS Belum Sesuai Target

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 24 Oktober 2020 18:22
Jakarta: Anggota Komisi II DPR Aminurokhman mengungkap sejumlah temuan menjelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Salah satunya soal perekrutan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).
 
"Yang sempat saya temukan kemarin rekrutmen petugas KPPS itu belum mencapai target," kata Aminurokhman kepada Medcom.id, Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Politikus NasDem itu menyebutkan temuan itu didapatinya saat memantau persiapan pilkada serentak Jawa Timur (Jatim). Namun, temuan tersebut hanya ada di beberapa komisi pemilihan umum daerah (KPUD).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Politik Gimik Dinilai Tak Laku pada Pilkada 2020
 
Dia khawatir temuan ini berdampak pada pemilihan Rabu, 9 Desember 2020. Pasalnya, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) akan ditambah karena pencoblosan dilakukan di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Kalau petugas TPS tidak sesuai kebutuhan takutnya kacau," ungkap dia.
 
Dia meminta persoalan ini segera diselesaikan. Dengan begitu, target yang sudah disepakati bisa tercapai agar tidak mengganggu pemungutan suara.
 
"Kami dari Komisi II meminta KPU mengambil langkah progresif lagi," ujar dia.
 
Pemungutan suara Pilkada 2020 digelar Desember 2020. Ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan karena kegiatan dilakukan di tengah pandemi, di antaranya penambahan jumlah TPS untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif