Persiapan Debat Publik II Pilgub Jatim Sudah 90 Persen
KPU Jawa Timur bersama kedua tim pasangan calon (paslon) saat menggelar persiapan Debat Publik II Pilgub Jatim 2018. (Medcom.id/Amal).
Surabaya:Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, mengatakan persiapan debat publik kedua Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 sudah 90 persen. Saat ini, kata Anam, pihaknya melakukan finalisasi kesiapan debat tersebut.

"Hari ini kita melakukan finalisasi debat, mulai dari tempat, materi, dan lainnya. Insyaallah persiapan debat kedua sudah 90 persen," kata Anam, saat jumpa pers di Gedung KPU Jatim di Jalan Tenggilis, Surabaya, Senin, 7 Mei 2018.


Anam mengatakan debat publik kedua Pilgub Jatim 2018 mulai pukul 19.15 WIB, Selasa besok, 8 Mei 2018. Lokasinya tidak berubah seperti debat pertama beberapa waktu lalu, yakni di Gedung Convention Center di Jalan Basuki Rachmat.

"Tema debat publik kedua ini adalah Ekonomi dan Pembangunan. Kami berharap dengan tema ini bisa membuat masyarakat sebagai pemilih makin mengenal sosok pasangan calon serta bisa menentukan pilihannya nanti," kata Anam.

Sebanyak 600 personel gabungan dari Polda Jatim dan Polrestabes Surabaya akan diturunkan untuk mengamankan jalannya debat tersebut. Ratusan personel itu nantinya akan disebar di sejumlah titik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama debat berlangsung.

"Insyaallah semuanya sudah siap, tinggal finalisasi untuk debatnya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing tim, bahwa masing-masing tim hanya bisa membawa masuk 150 pendukung ke dalam gedung debat," ujarnya.

Pilkada Jatim 2018 akan digelar pada 27 Juni 2018, untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dengan nomor urut 1, dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno pasangan nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id