Plh Ketua KPU, Ilham Saputra/Medcom.id/Dheri.
Plh Ketua KPU, Ilham Saputra/Medcom.id/Dheri.

Golkar Diminta Mengawasi Paslon Terkait Protokol Kesehatan Pilkada 2020

Pilkada kpu partai golkar golkar pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 20 Oktober 2020 18:10
Jakarta: Penerapan protokol kesehatan dalam tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Terutama partai pengusung pasangan calon (paslon).
 
"Saya berharap juga kepada Golkar bisa mengimbau paslonnya di 270 daerah untuk taat dan mengikuti prosedur kampanye," kata pelaksana harian (plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra dalam Webminar HUT Ke-56 Partai Golkar, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Pihaknya telah merumuskan aturan main kampanye di tengah pandemi virus korona (covid-19) dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020. Setidaknya ada beberapa perubahan kegiatan kampanye dari sebelumnya. Di antaranya menghilangkan kampanye rapat terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kegiatan seperti konser, bazar, dan kegiatan lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang itu kita hilangkan," ungkap Ilham.
 
Baca:Mendagri Peringatkan Pelanggar Metode Kampanye Pertemuan Terbatas
 
KPU hanya mengizinkan pertemuan tatap muka secara terbatas. Maksimal, peserta kampanye dibatasi 50 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Selain itu, KPU mengarahkan paslon menerapkan kampanye virtual. Namun, Ilham mengakui sosialisasi pemanfaatan platform media sosial (medsos) ini masih minim.
 
"Baru 4 persen paslon yang menggunakan metode daring dan medsos," sebut dia.
 
Ilham menyayangkan paslon hal tersebut. Padahal, metode ini dianggap sangat tepat di tengah wabah virus korona.
 
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto mengimbau seluruh paslon yang diusung pihaknya mematuhi aturan main kampanye di tengah pandemi. Sehingga, Pilkada 2020 aman dari penyebaran covid-19.
 
"Kita sukseskan Pilkada 2020 sekalipun di tengah pandemi covid-19," kata Airlangga dalam keterangan tertulis saat menyampaikan kata sambutan peringatan HUT Golkar ke-56, Sabtu, 17 Oktober 2020.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif