Kampanye Perdana, Wanedi Buka Pelatihan Tenaga dan Ahli Konstruksi
Calon Wakil Wali Kota Malang Ahmad Wanedi membuka kegiatan Uji Kompetensi Tenaga Kerja Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia Jawa Timur di Jalan Tumbal Negara, Kota Malang, Kamis, 15 Februari 2018.
Malang:Calon Wakil Wali Kota Malang Ahmad Wanedi mengawali agenda kampanye perdana Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Malang dengan membuka kegiatan Uji Kompetensi Tenaga Kerja Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia Jawa Timur, Kamis, 15 Februari 2018. 

Kegiatan diselenggarakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Sumber Daya Manusia Konstruksi Indonesia (Asdamkindo) ini berlangsung di Jalan Tumbal Negara, Kota Malang.


Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 2 ini mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendidik tenaga kerja ahli dan terampil untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia yang masih sangat minim.

"Kegiatan rutin dilakukan dua minggu sekali, tergantung peminatnya di seluruh Jawa Timur. Karena kita punya tanggung jawab secara moral untuk mendidik tenaga-tenaga ahli," ungkap Wanedi, sapaan akrabnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Asdamkindoini juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut bakal menjadi program secara berkelanjutan. Sebab kegiatan tersebut diberikan kewenangan untuk melakukan uji kompetensi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jawa Timur. 

Selain dibekali agar siap berkompetisi, para peserta dalam kegiatan ini juga akan memperoleh sertifikat yang sudah ditandatangi oleh AFTA (Asean Free Trade Area). 

"Karena memang sertifikat ini bisa menjadi persyaratan terutama untuk mengantisipasi arus keluar masuk tenaga kerja ASEAN yang sudah tak terbendung lagi. Jangan sampai justru negara kita menjadi pasarnya negara asing," tutur calon wali kota pasangan dari Ya'qud Ananda Gudban ini.

Menurut Wanedi, Indonesia saat ini harus mulai memaksimalkan potensi tenaga kerjanya. Sehingga tenaga kerja lokal dapat bersaing dengan tenaga kerja asing. Salah satunya menyiapkan tenaga ahli yang terampil.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah mengundi nomor urut tiga pasang calon wali kota dan wakil wali kota dalam rapat pleno terbuka, Selasa, 13 Februari 2018. Hasilnya, pasangan Ya'qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi mendapatkan nomor 1, Moch Anton-Syamsul Mahmud nomor 2, dan Sutiaji-Sofyan Edi nomor 3.

Pasangan Ya'qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi merupakan calon dari koalisi PDIP, PPP, PAN, Hanura, dan NasDem. Sedangkan, pasangan Moch Anton-Syamsul Mahmud merupakan kandidat yang didukung PKB, Gerindra dan PKS. Terakhir, pasangan Sutiaji-Sofyan Edi adalah jagoan dari Partai Golkar dan Demokrat.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id