Ilustrasi Aparat keamanan bersiaga di Manggarai Barat. Antara Foto/Kornelis Kaha
Ilustrasi Aparat keamanan bersiaga di Manggarai Barat. Antara Foto/Kornelis Kaha

Pilkada di Manggarai Barat Diyakini Berlangsung Aman dan Lancar

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Antara • 11 Oktober 2020 10:37
Kupang: Pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 diyakini akan berjalan dengan aman dan lancar. Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Wibowo, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan personel untuk disebar di sejumlah lokasi tahapan pilkada untuk mendegah kejadian tak diinginkan.
 
"Alhamdullilah dari berbagai tahapan pilkada yang dilaksanakan di Manggarai Barat, semuanya berjalan dengan aman dan lancar, dan kita harapkan suasana seperti ini bisa terus berlangsung hingga pilkada dilaksanakan pada 9 Desember," kata Bambang di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Baca: KPU Rajang Lebong Ingatkan Paslon Tak Sembarangan Pasang APK

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang menjelaskan sudah melakukan persiapan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Manggarai Barat yang akan diikuti oleh empat pasangan calon bupati dan wakil bupati.
 
Ia mengakui beberapa tahun lalu sempat ada konflik yang berujung pada pembakaran saat pelaksanaan pilkada, namun ia memastikan di pilkada tahun ini semuanya akan berjalan dengan aman.
 
Baik pihak kepolisian maupun TNI sendiri sudah mengimbau kepada seluruh calon pasangan bupati dan wakil bupati dan partai politik untuk bersama-sama menjaga Manggarai Barat dalam setiap tahapan pilkada.
 
"Dulu memang ada beberapa daerah yang rawan konflik, tetapi alhamdullilah sampai saat ini daerah-daerah tersebut masuk dalam daerah yang aman," jelasnya.
 
Dia menambahkan keamanan yang sudah ada itu bukan hanya karena kerja kepolisian saja, tetapi berkat bantuan dari TNI dan Pemda. Pihaknya juga sudah menyambangi tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk membantu mengimbau umatnya melalui mimbar di tempat-tempat ibadah untuk membantu kepolisian menjaga keamanan selama tahapan pilkada.
 
Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menggelar pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak pada sembilan kabupaten yakni Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur.
 


 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif