ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

KPU Gresik Siapkan Bilik Khusus Pemilih Bersuhu 37 Derajat Celsius

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Protokol Covid-19
Amaluddin • 26 Oktober 2020 19:51
Gresik: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menyiapkan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat celsius. Bilik khusus ini akan terpisah dengan pemilih suhu tubuh normal.
 
"Tujuan kami untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19, mencegah adanya klaster Pilkada," kata Ketua KPU Gresik, Ahmad Roni, saat dikonfirmasi, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Baca: KPU Matangkan Penerapan Sirekap untuk Pilkada Serentak 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan dengan adanya bilik khusus itu, nantinya akan ada tiga bilik di setiap TPS pada Pilkada Gresik, 9 Desember 2020. Satu bilik disiapkan khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh 37 drajat celsius.
 
"Kami tidak bisa melarang mereka (yang memiliki suhu 37 derajat celcius) datang ke TPS karena memiliki hak suara. Sehingga solusinya kami siapkan bilik khusus," jelasnya.
 
Roni menjelaskan jumlah TPS pada Pilkada Gresik mencapai 2.264 TPS, bertambah 64 dari awalnya 2.200 TPS. Tambahan TPS itu dilakukan untuk menghindari kerumunan pemilih saat pelaksanaan Pilkada 2020.
 
Pilkada Gresik diikuti dua pasangan calon (paslon), dan akan berlangsung pada 9 Desember 2020, sesuai hasil penetapan dan verifikasi berkas masing-masing calon.
 
Dua paslon yang telah ditetapkan yaitu pasangan Fandi Akhmad Yani - Aminatun Habibah (NIAT) yang diusung enam parpol, yakni Golkar dengan raihan 8 kursi, PDIP 6 kursi, NasDem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP dengan 3 kursi. Kemudian pasangan Mohammad Qosim - Asluchul Alif (QA) yang diusung dua parpol, yakni PKB dengan raihan 13 kursi dan Gerindra dengan 8 kursi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif