Pakde Karwo jadi Faktor di Pilgub Jatim
Pilgub Jatim. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta:Lembaga Survei Populi Center menilai sosok Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo (Pakde Karwo) akan berpengaruh besar dalam pilgub. Sebagai kader Partai Demokrat yang mendukung duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, dukungan Pakde Karwo akan berpengaruh cukup signifikan ke pasangan tersebut.

"Di Jatim ada faktor Pakde Karwo juga, di samping tidak maju, dia ada di Demokrat yang mengusung Khoififah," kata Direktur Eksekutif Populi Center Usep S Ahyar ketika berbincang dengan Medcom.id, di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 27 Juni 2018.


Kendati demikian, Usep menilai Pilkada Jatim 2018 akan berlangsung ketat. Pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputri juga memiliki pemilih yang loyal. Apalagi, di Pilgub Jatim, suara pemilih cukup beririsan. 

Gus Ipul yang juga wakil gubernur Jatim dinilai memiliki modal sebagai petahana. Namanya sudah cukup dikenal selama mendampingi Pakde Karwo di Jatim.

Baca:Gus Ipul: Jangan Golput

"Biasanya, petahana itu punya lebih potensi untuk menang karena sudah beberapa tahun melakukan program kerja, hasilnya sudah kelihatan," kata dia.

Sementara itu, Khofifah juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mantan Menteri Sosial itu dinilai memiliki sejumlah pengalaman yang tak kalah mentereng.

"Khofifah kental merepresentasikan Jatim, dia pernah jadi anggota DPR dari PPP, PKB yang mewakilkan Jatim. Dia juga sudah beberapa kali mencalonkan diri sebagai cagub di Jatim," tutur dia. 





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id