Pilkada di Sejumlah Daerah Masih Bermasalah
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto (kedua kiri) usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengaman Pilkada di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/6). (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla).
Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menilai pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah secara umum relatif aman dan lancar. Meski begitu Wiranto mengaku masih ada kendala di sejumlah daerah. 

"Di beberapa daerah masih ada masalah teknis seperti kekurangan surat suara, tetapi hal itu sudah bisa diatasi dan tidak jadi permasalahan," kata Wiranto usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengaman Pilkada di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 27 Juni 2018. 


Pemungutan suara juga terjadi penundaan. Ada dua kabupaten yang alami penundaan di Papua, Nduga dan Paniai.

Di Kabupaten Nduga, pemungutan suara tertunda lantaran faktor keamanan. Dua hari lalu, pesawat sewaan Brimob yang sedang membawa logistik pilkada ditembaki kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

Baca juga: Pilkada di Dua Kabupaten Papua Tertunda 

Insiden ini turut menghambat proses distribusi logistik pilkada. Sementara di Kabupaten Paniai, terjadi perdebatan antara KPUD provinsi dan KPUD kabupaten. 

"KPUD provinsi menghendaki dua calon, sementara KPUD kabupaten dan masyarakat menghendaki satu calon tunggal dan ini masih dibicarakan oleh penyelenggara pemilu dan aparat keamanan," imbuh Wiranto. 

Gangguan keamanan juga sempat terjadi di salah satu TPS di Kabupaten Jaya Wijaya, Papua. Di TPS itu kotak suara sempat dibawa kabur oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Namun pelaku sudah ditangkap dan telah dilaksanakan pemungutan suara susulan. 

Salah satu TPS di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, juga belum melaksanakan pemungutan suara. Faktor alam menjadi penyebabnya. 

"Ada banjir di daerah itu sehingga logisitik belum bisa terkirim sampai sekarang. Saat ini kita masih menunggu keadaan cukup baik untuk membawa logistik, maka dilaksanakan (pilkada) di tempat yang bersangkutan," beber Wiranto. 

Baca juga: Pilkada Lancar, Wiranto: Tetap Waspada

Meski begitu, secara umum pelaksanaan pilkada di daerah lainnya berjalan lancar. Tak ada juga gangguan keamanan yang berarti selama proses pemungutan suara. 

"Kalau kita lihat di 171 daerah pemilihan, setelah kita hitung ada 387.586 TPS. Yang bermasalah tidak lebih dari 10 TPS. Saya kira ini rasio yang sangat kecil dan kita bersyukur untuk itu. Secara umum, maka pelaksanaan pilkada serentak ini sukses, aman, dan terkendali," kata Wiranto.



(HUS)