Khofifah-Emil Unggul Sementara di 15 Daerah
Proses rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 tingkat Provinsi. Medcom.id/Amaluddin
Surabaya:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 tingkat Provinsi di Convention Hall Grand City, Surabaya, Sabtu, 7 Juli 2018. Acara dimulai sejak pukul 10.00 WIB tersebut langsung dipimpin Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan bersama komisoner lainnya KPU lainnya.

Acaa tersebut juga dihadiri kedua saksi dari masing-masing pasangan paslon (paslon), Bawaslu, perwakilan komisioner di 38 kabupaten/ kota di Jatim.


Di lokasi juga tampak kubu paslon nomor 1, Khofifah-Emil yakni Ketua Tim Pemenangan Roziqi dan Sekretaris Tim Pemenangan Renville Antonio. Sementara dari paslon nomor 2, Gus Ipul-Puti terlihat divisi hukumnya, Martin Hamonangan.

Dalam acara itu, masing-masing kabupaten/kota dipanggil menurut abjad, perwakilan KPU tiap kabupaten/kota diminta untuk memaparkan hasil rekapitulasi. Hingga pukul 13.00 WIB, rekapitulasi 15 daerah sudah dibacakan.

Di antaranya Kabupaten Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Gresik Jember Jombang, Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang dan Kota Mojokerto.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak sementara ini unggul di 15 Kabupaten/Kota di Jatim dengan perolehan 52,32 persen suara. Sedangkan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memproleh 47,68 persen suara.

Komisioner KPU Muhammad Arbayanto berharap proses rekapitulasi ini bisa berlangsung lancar. "Kami berharap, proses ini bisa selesai dengan lancar, dan bisa digelar dalam sehari,” katanya.
 



(SUR)