ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

KPU Demak Optimistis Capai Target Partisipasi Pemilih

Pilkada pilkada serentak pandemi covid-19
Rhobi Shani • 03 Desember 2020 16:31
Demak: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, optimis mampu mencapai target partisipasi pemilih Pilkada Demak 2020. Meski penyelenggaraan pemilu di tengah pandemi covid-19, tak mengurangi antusiasme masyarakat menggunakan hak pilihnya.
 
Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan berbagai upaya untuk mendongkrak partisipasi pemilih telah dilakukan seperti melaksanakan pertemuan daring dengan berbagai komunitas dan kelompok masyarakat.
 
"Di berbagai media cetak, radio, televisi sudah kami umumkan. Kami juga kerjasama sama dengan beberapa operator seluler, untuk mengirimkan pesan singkat kepda pemilih warga Demak untuk menggunakan hak pilihnya," kata Bambang saat dikonfirmasi, Kamis, 3 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sebaran Covid-19 di Instansi Pemerintahan DIY Meluas
 
Bambang menjelaskan KPU Kabupaten Demak juga memanfaatkan tahapan pemilu seperti pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih dan pembagian formulir undangan ke tempat pemungutan suara (TPS). Itu karena sosialisasi tatap muka dengan masyarakat dibatasi.
 
"Tapi kami tetap optimis, minimal sama dengan target partisipasi pemilih nasional 77,5 persen. Jadi untuk kalangan muda, pemilih pemula, kami manfaatkan internet. Lalu untuk masyarakat pinggiran dan kempok tertentu ya, dengan tata muka dan informasi lewat penyelenggara," jelas Bambang.
 
Warga Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Nurul Indah, mengatakan meski di tengah masa pandemi dirinya menyatakan akan tetap menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS.
 
"Tetap nyoblos, selama menerapkan protokol kesehatan tidak perlu khawatir. Masker dan handsanitizer sudah siap," ujar Nurul.
 
Senada diungkapkan Amrih Nur, warga Desa Undaan Lor Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Dia mengatakan tetap akan menggunakan hak pilihnya meski pencoblosan dilakukan di tengah masa pandemi. Dia akan datang ke TPS hanya untuk menggunakan hak pilihnya agar tidak terjadi kerumunan.
 
"Datang, nyoblos, terus pulang. Karena biasanya kan ada yang sengaja datang pagi terus setelah nyoblos tidak langsung pulang," kata Amrih.
 
Seperti diketahui Pilkada Demak 2020 diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 Estianah – Ali Mahsun, diusung PDI Perjuangan bersama PPP, PKB, PAN, Golkar, dan Demokrat. Sementara pasangan nomor urut 2 Mugiyono – Gus Bad diusung Partai NasDem dan Gerindra.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif