Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Penghitungan Suara di TPS Bakal Disiarkan Langsung di Medsos

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 15 Oktober 2020 01:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginstruksikan kelompok penyelenggara pemilihan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) menyiarkan langsung penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 via media sosial (medsos). Dengan begitu, pemilih bisa memantaunya dari rumah.
 
"Pemilih tidak perlu langsung menyaksikan (di tempat pemungutan suara atau TPS) proses penghitungan," kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting dalam diskusi virtual 'Evaluasi 15 Tahun Pelaksanaan Pilkada: Capaian dan Tantangan', Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Imbauan ini disampaikan KPU karena antusiasme pemilih cukup tinggi saat proses penghitungan suara. Mereka ingin mengetahui siapa pemenang kontestasi pilkada serentak tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apakah calon yang dia pilih itu menang atau tidak," ungkap dia.
 
Menurut dia, kondisi ini diyakini menimbulkan kerumunan orang. Sejatinya, kerumunan orang sangat dihindari karena berpotensi meningkatkan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Evi menyampaikan KPU telah membuat beberapa ketentuan untuk meminimalisasi kerumunan orang di TPS. Pertama, mengatur kedatangan pemilih ke TPS.
 
Baca: Polri Selidiki 28 Dugaan Pelanggaran Pidana di Pilkada 2020
 
Setelah mencoblos, pemilih diminta segera meninggalkan TPS. Dengan begitu, pembatasan jumlah orang di TPS bisa diterapkan dengan baik.
 
"Makanya kami akan berupaya untuk mengatur dapat dibuat semacam live streaming," ujar dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif