Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Pemerintah Optimistis Disiplin Protokol Kesehatan saat Pilkada Capai 50%

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 13 Oktober 2020 04:09
Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) optimistis masyarakat menaati protokol kesehatan secara disiplin dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Protokol kesehatan menjadi modal untuk mencegah penyebaran covid-19 (korona).
 
"Kita harapkan (disiplin protokol kesehatan) di atas 50 persen sampai pelaksanaan 9 Desember 2020," ujar Asisten Deputi Koordinasi bidang Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam, Brigjen Yusran Yunus, dalam diskusi virtual, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Yusran menuturkan koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 terus dilakukan untuk membahas protokol kesehatan saat pilkada. Ia menyakini kesadaran masyarakat sudah terbangun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita lihat dari 270 daerah (penyelenggara pilkada) yang tadinya wilayah merah, ini sudah menurun. Berarti ada kesadaran dari masyarakat," tutur dia.
 
Namun, ia tetap menekankan kepada pemilih, peserta, hingga penyelenggara pilkada bersama-sama menaati protokol kesehatan. Yusran mengingatkan mewujudkan pilkada tanpa klaster baru covid-19 memerlukan kerja sama seluruh pihak yang terlibat.
 
"Kesadaran masyarakat yang kami inginkan, karena kalau hanya pemerintah saja tidak cukup, ini harus dibantu masyarakat," tutur dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif