Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto)
Ketua KPU Arief Budiman. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto)

KPU Tolak Pemeriksaan Kesehatan Tandingan Cawabup Barru

Pilkada narkoba pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Muhammad Syawaluddin • 15 September 2020 19:06
Makassar: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Arief Budiman, menegaskan calon Wakil Bupati Barru, Andi Mirza Riogi tidak akan ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.
 
Arief menjelaskan bahwa pihaknya tidak menerima hasil pemeriksaan atau pembanding dari bakal calon kepala daerah. Hasil pemeriksaan harus berasal dari rumah sakit atau lembaga yang telah ditunjuk oleh penyelenggara.
 
"Kalau positif tidak boleh, jadi yang memeriksa itu rumah sakit yang sudah ditentukan," kata Arief, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 15 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senada dengan Arief, Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir, mengatakan tidak ada second opinion dalam pemeriksaan kesehatan bagi seluruh bakal pasangan calon. Sebab, kewenangan yang mengeluarkan hasil pemeriksaan kesehatan adalah rumah sakit atau lembaga yang ditunjuk oleh KPU.
 
"Jadi kalau soal penyalahgunaan narkoba ada BNN kalau soal psikologi dengan Dirkrimsus, pemeriksaan kesehatan rumah sakit Wahidin Sudirohusodo dan IDI, tidak ada pemeriksaan lain," katanya lagi.
 
Baca: Positif Narkoba, Cawabup Barru Andi Mirza Riogi Didiskualifikasi

Oleh karena itu kata Faisal, segala macam pemeriksaan kesehatan di luar dari yang telah ditunjuk oleh KPU dinilai tidak sah. Karena, hasil pemeriksaan oleh lembaga dan rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU adalah pihak yang berkompeten.
 
"Tidak memenuhi syarat kalau tidak pada pihak yang didukungi oleh kami. Jadi memang kami sekali periksa hasilnya itu. Dan Saya kira itu sudah sah keluar dari pihak yang berkompeten atau lembaga yang berkompeten," tegasnya.
 
Bakal calon Wakil Bupati Barru, Andi Mirza Riogi, mengatakan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan dirinya bertolak belakang dengan hasil dari tim pemeriksaan kesehatan para kandidat kepala daerah dan wakil kepada daerah.
 
"Saya sudah melalukan pemeriksaan ulang untuk pembanding, dan hasilnya itu negatif,” kata, Ogi, sapaan akrab Andi Mirza Riogi.
 
Mengenai hasil tersebut, ia sudah menyerahkan sepenuhnya ke kuasa hukum untuk mengajukan keberatan ke KPU, dan memasukkan data pembanding mengenai hasil pemeriksaan yang negatif.
 
“Nanti kuasa hukum yang mengajukan hasil pemeriksaan pembanding saya ke KPU,” jelasnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif