Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

KPU Bantul Tunda Beberapa Tahapan Pilkada

Pilkada Pemilu Serentak 2020
Antara • 22 Maret 2020 14:44
Bantul: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunda beberapa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020, sebagai upaya antisipasi pencegahan penyebaran covid-19.
 
"Ada empat tahapan yang dilakukan penundaan, sesuai Keputusan KPU RI Nomor 179 tertanggal 21 Maret 2020," kata Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, melansir Antara, Minggu, 22 Maret 2020.
 
Menurut dia, empat tahapan yang ditunda yaitu pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa dan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Kemudian tahapan verifikasi untuk dukungan calon perseorangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Tahapan Pilkada di Kalteng tak Terpengaruh Covid-19
 
Namun lantaran tidak ada calon perseorangan, KPU Bantul, dipastikan tak melakukan tahapan verifikasi itu.
 
"Tahapan yang tunda berikutnya adalah pemutakhiran data pemilih yang meliputi proses penyusunan daftar pemilih oleh KPU kabupaten untuk diserahkan ke PPS dan pencocokan serta penelitian yang dimulai 18 April sampai 17 Mei 2020," katanya.
 
Meskipun ada penundaan beberapa tahapan, namun dia memastikan, pemungutan suara sampai dengan saat ini masih tetap sesuai tahapan yaitu pada 23 September 2020.
 
"Koordinasi dengan penyelenggara pemilihan terutama dengan PPK yang sudah terbentuk tetap dilakukan melalui media 'online'. Hal ini untuk memastikan bahwa tahapan pemilihan tetap dapat berjalan meskipun tanpa melalui pertemuan secara langsung," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif