Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

LP3ES: Calon Tunggal Preseden Buruk bagi Demokrasi

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Antara • 17 September 2020 01:12
Jakarta: Peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Wijayanto menyayangkan keberadaan calon tunggal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Kondisi ini dianggap tidak sehat.
 
"Adanya calon tunggal adalah preseden buruk bagi demokrasi karena pilihan publik terbatas," kata Wijayanto dalam diskusi secara daring, Rabu, 16 September 2020.
 
Menurut dia, keberadaan calon tunggal membuat masyarakat hanya dihadapkan kepada dua pilihan, yakni memilih calon atau tidak memilih kandidat sama sekali. Sementara itu, kandidat yang banyak memberikan variasi pilihan kepada publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wijayanto menilai fenomena calon tunggal membuat visi misi calon kepala daerah menjadi tidak tajam. Pasalnya, tidak ada pembanding visi misi dengan kandidat lain.
 
"Kita kehilangan peluang untuk mengontestasikan visi misi dari lebih dari satu calon," ucap dia.

Keberadaan calon tunggal pada Pilkada 2020 juga membuktikan gagalnya partai politik menjalankan kaderisasi untuk menelurkan pemimpin selanjutnya. Macetnya regenerasi pada partai politik menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.
 
Baca: DPR Sarankan Konser saat Kampanye Ditiadakan
 
"Ketika semua sudah berubah, reformasi sudah berjalan dua dekade tetapi di partai politik kita masih mencatat adanya oligarki. Adanya pemimpin partai yang tidak berganti-ganti, adanya ketidaksetaraan di sana, padahal partai politik adalah pilar demokrasi," kata dia.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat ada 25 kabupaten/kota yang memiliki calon tunggal dalam Pilkada 2020. Sementara itu, jumlah bakal pasangan calon yang mengikuti pilkada serentak mencapai 738 pasangan: 25 pemilihan gubernur dan 612 pemilihan bupati/wali kota.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif