Dana Kampanye Paslon Jateng Maksimal Rp64,7 Miliar
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo. Foto: Antara/R Rekotomo
Semarang:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menetapkan batas dana kampanye bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung maksimal sebesar Rp64,788 miliar. Batas maksimal dana kampanye ini diklaim lebih sedikit dibanding batas tertinggi dana kampanye yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Saya kira ini untuk Jateng, kalau (dibanding) PKPU itu tidak terlalu besar. Kalau kita menggunakan rumus yang ditentukan undang-undang itu Rp400 miliar," kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 13 Februari 2018, malam.


Batas maksimal dana kampanye ini sudah disepakati oleh dua pasangan calon yang ikut Pilgub Jawa Tengah. Pilkada Jateng 2018 bakal diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maemoen dan Sudirman Said-Ida Fauziah.

"Semoga yang disepakati ini bisa irit dan mampu menciptakan Pilgub Jateng yang becik tur nyenegke(baik tapi juga menyenangkan)," ujar Joko Purnowo menegaskan.

(Baca: Ganjar Pranowo dan Sudirman Said Resmi 'Bertarung' di Pilgub Jateng)

Joko menyatakan kampanye Pilkada Jateng bakal dimulai sejak 15 Februari 2018. Pada tanggal itu, KPU Jawa Tengah membolehkan masing-masing pasangan calon berkampanye.

"Tanggal 15 (Februaria) sudah boleh kampanye di manapun oleh seluruh tim kampanye tingat Provinsi, Kabupaten atau Kota sampai kelurahan. Dengan catatan ketentuan adminsitrasi dari Polri harus tetap diikuti," ungkap Joko.

KPU Jawa Tengah tidak mengatur secara detail jadwal kampenye. Menurut Joko, KPU Jateng hanya mengatur jadwal kampanye hanya saat debat dan rapat terbuka. KPU masih mencari stasiun yang akan menayangkan acara debat.

"Tapi kemarin calon minta debat tidak dilakukan pada bulan Ramadan, rapat umum agar dilakukan satu kali sebelum Ramadan dan satu kali setelah Ramadan," tegas Joko.

(Baca: Ganjar-Gus Yasin Nomor Urut Satu, Sudirman-Ida Nomor Urut Dua)



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id