Regulasi Zonasi dan Kualitas Perhotelan Bali Perlu Diatur
alon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (tengah). Antara/Wira Suryantala
Bali:Perang tarif perhotelan di Bali dinilai semakin parah. Akibatnya, tingkat hunian kamar hotel dan penginapan terdampak.

Pasangan calon nomor urut 2 Pilgub Bali 2018 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta akan meregulasi standar dan zonasi perhotelan Bali.


"Kita harus lihat kembali rencana induk pariwisata," kata Calon Gubernur Rai Mantra dalam debat terbuka perdana Pilgub Bali 2018, Sabtu, 28 April 2018.

Dia menilai zonanisasi dan peningkatan kualitas hotel harus diatur. Zonasi misalnya, harus ada moratorium perizinan usaha bila suatu kawasan sudah memiliki banyak penginapan atau hotel

"Apabila sudah padat, harus dilakukan moratorium" kata Calon Gubernur Rai Mantra, Sabtu, 28 April 2018.

Dia menambahkan, perlu ada diversifikasi pariwisata agar muncul pusat wisata baru yang mendorong perekonomian.

Zonasi juga diperlukan untuk membedakan kawasan hotel berkelas dan hotel kota. Tidak boleh tercampur untuk menghindari perang harga.

"ini agar menciptakan pariwisata Bali yang berkualitas," kata Mantra.

Sudikerta meyambut, stakeholder pariwisata, terutama perhotelan, perlu ada duduk bersama untuk menangani perang tarif ini. Pemerintah Bali perlu mengambil langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas pariwisata.

"Pertama sumber daya manusianya, kemudian meningkatkan kualitas destinasi pariwisatanya," tambah Wakil Gubernur nonaktif Bali ini.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id