Kecurangan Dianggap Dapat Dicegah Lewat Partisipasi Masyarakat
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
Jakarta:Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan agar segala potensi kecurangan suara bisa dieliminasi. Kecurangan dianggap dapat dicegah dengan melibatkan partisipasi aparat di tingkat bawah dan masyarakat yang kritis. 

Menurut Bamsoet, ada sejumlah titik yang berpotensi menjadi lumbung kecurangan.  Pertama terkait dengan logistik. ‎Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) harus bisa memastikan seluruh kesiapan logistik dalam pemilu. Serta turut mengawasi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).


"Ini supaya petugas menjalankan pemilihan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 26 Juni 2018.

Kedua, menyangkut proses pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bamsoet mengatakan petugas keamanan seperti Babinkamtibmas dari Kepolisian, perlu meningkatkan pengawasan di TPS. Hal ini agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, kondusif, aman, dan damai, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketiga, ‎dia meminta Komisi II DPR mendorong KPU untuk memastikan KPPS memberikan kesempatan bagi warga yang tidak termasuk dalam daftar pemilih tetap untuk melaksanakan hak pilihnya. 

Baca: Bawaslu Sulut Perketat Pengawasan Cegah 'Serangan Fajar'

Dia mengingatkan ada sejumlah aturan terkait hak memberikan suara itu. Seperti Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diatur secara detil di pasal 6 hingga pasal 9.

Baca: Lima Daerah Dinilai Rawan di Jatim

Kepada masyarakat, Bamsoet mengimbau agar datang ke TPS dan melaksanakan hak untuk memilih. "Serta melaporkan apabila menemukan kecurangan-kecurangan yang terjadi selama Pilkada berlangsung," pungkasnya.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id