Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Pilkada 2020 Menjadi Ajang Pembuktian Penerapan Sirekap

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 12 November 2020 19:42
Jakarta: Penerapan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sebatas uji coba. Komisi Pemilihan Umum (KPU) ingin membuktikan sistem ini sudah bisa diterapkan pada ajang pesta demokrasi.
 
"Sehingga pemilu berikutnya sudah tidak ada lagi keraguan-raguan menggunakan sistem ini," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
 
Menurut dia, jaringan internet bukan kendala penerapan Sirekap. Dia mengeklaim KPU cukup berhasil menggunakan teknologi informasi, seperti Sistem Informasi Perhitungan (Situng), pada Pemilu 2019. Contohnya, penggunaan Sistem Informasi Perhitungan (Situng). Sebab, Situng juga menggunakan internet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan tempat pemungutan suara (TPS) yang menerapkan Situng pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mencapai 98,9 persen. Sedangkan, pada pemilihan presiden (Pilpres) mencapai 99,5 persen.
 
"Artinya sebagian data daerah bisa mengirim (menerapkan Situng) 100 persen. Artinya sebagian kecil saja yang tidak bisa mengirim," sebut dia.
 
Baca: Bawaslu: 33 Ribu TPS Belum Memiliki Jaringan Internet
 
KPU telah mengantisipasi kendala internet ini. Rekapitulasi bisa digunakan pada tempat yang jaringan internetnya memadai.
 
Arief berharap Sirekap dapat diterapkan dalam Pilkada 2020 sebagai upaya moderenisasi pesta demokrasi di Indonesia. Namun, lanjut dia, KPU akan menerima bila Sirekap diputuskan tak jadi digunakan.
 
"Kalau ini (Sirekap) tidak digunakan, kita tidak punya publikasi yang cepat, kita tidak punya transparansi, itu menurut saya mundur ke belakang," ujar dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif