Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pemilihan umum. Medcom.id/M Rizal

Terapkan Sirekap, KPPS Harus Miliki Ponsel Pintar dan Data Internet

Pilkada kpu pilkada serentak bawaslu Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 12 November 2020 15:56
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatur penerapan Sistem Rekapitulasi Suara Elektronik (Sirekap) melalui Peraturan KPU (PKPU) terkait pemungutan dan perhitungan suara. Pada Pasal 24 A ayat (1) PKPU pemungutan dan perhitungan suara mengatur beberapa perlengkapan yang diperlukan dalam menunjang penerapan Sirekap.
 
"Perlengkapan terdiri atas ponsel pintar, aplikasi Sirekap, jaringan internet, dan paket data internet," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik dalam Rapat Dengar Pendapat bersama DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
 
Evi menjelaskan dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus memiliki gawai dengan standar yang telah ditentukan. Standar gawai yang digunakan ialah dapat terhubung dengan koneksi internet, dapat mengunduh dan mengoperasikan Sirekap, serta mengirim gambar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Evi mengatakan KPU di setiap daerah penyelenggara pilkada hanya menanggung paket data. Sedangkan penyediaan gawai menjadi tanggung jawab petugas KPPS.
 
"Perlengkapan Sirekap harus tersedia paling lambat sebelum hari pemungutan suara. Ini kita atur selama ini belum ada pasal yang baru," jelasnya.
 
Baca: Bawaslu Wanti-wanti KPU Potensi Masalah Sirekap
 
Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mewanti-wanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal penggunaan Sistem Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Sejumlah permasalahan berpotensi muncul.
 
Salah satunya, kemampuan panitia penyelenggara dalam mengoperasikan teknologi Sirekap. Bawaslu juga menyebut KPU harus mempertimbangkan sarana pendukung Sirekap bagi petugas lapangan.
 
"Seperti internet, ponsel pintar, dan lain-lain. Dapat menyebabkan terganggunya proses penghitungan dan rekapitulasi suara," ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam diskusi virtual, Rabu, 11 November 2020.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif