Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

KPK Ingatkan Pemilih Tak Pilih Cakada Eks Koruptor

Pilkada kasus korupsi pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 27 Oktober 2020 12:43
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong masyarakat tak memilih calon kepala daerah (cakada) yang pernah tersangkut kasus rasuah. Cakada dengan rekam jejak yang baik harusnya bisa dilirik pemilih.
 
"Pilih calon kepala daerah yang tak pernah terlibat dalam tindak pidana korupsi," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam webinar 'Pembekalan Pilkada Berintegritas 2020', Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Lili juga meminta pemilih menghindari cakada yang sarat politik uang. Sifat korupsi seperti itu dikhawatirkan berdampak buruk pada masa depan daerah pemilihan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali anda terima (politik uang) tentu saja anda akan membuka jalan bagi sebuah proses yang tidak benar dan akan berdampak buruk," ucap Lili.
 
Mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) ini meminta masyarakat memahami rekam jejak para cakada. Sekaligus mendukung upaya-upaya pemberantasan korupsi, serta berani menghindari konflik kepentingan.
 
Baca: Bawaslu Soroti Rendahnya Tingkat Kampanye Daring
 
Terpenting, sosok sederhana, melayani bukan melayani, serta berani bertanggung jawab. Tak kalah penting patuh terhadap penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
 
"Tentu saja dia juga harus berani dan bertanggung jawab dalam setiap keputusannya untuk tegaknya integritas tersebut," ucap Lili.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif