Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kondisi Penyebaran Covid-19 di 32 Provinsi Jelang Kampanye

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 16 September 2020 05:00
Jakarta: Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja memaparkan status penyebaran covid-19 di 32 provinsi lokasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 menjelang masa kampanye Sabtu, 26 September 2020, sampai Minggu, 6 Desember 2020. Ada daerah yang mengalami peningkatan penyebaran atau sebaliknya.
 
Berikut perkembangan zonasi selama Minggu, 6 September 2020 hingga Minggu, 13 September 2020, di 32 provinsi lokasi tersebut:
 
1. Sumatra Utara (Sumut)
Wisnu menyampaikan jumlah zona merah di Sumut berkurang dari lima menjadi tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Mandailing Natal, Kota Medan, dan Sibolga. Meski ada penurunan zona merah, zonasi Kabupaten Tapanuli Selatan meningkat dari rendah ke sedang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini hal yang perlu kita waspadai bersama," kata Wisnu dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa, 15 September 2020.
 
Sementara itu, daerah lain berstatus oranye atau sedang. Hanya Kabupaten Nias yang sampai saat ini berstatus tidak terdampak.
 
2. Sumatra Barat (Sumbar)
Empat kabupaten/kota di Sumbar berhasil menurunkan status penyebaran virus korona dari tinggi ke sedang, yakni Kota Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Kabupaten Agam. Sebagian besar wilayah di Ranah Minang berstatus oranye. Hanya Kabupaten Solok Selatan yang berstatus kuning atau rendah.
 
"Kita berharap nanti target kita dekat pemilihan desember ini bisa berubah menjadi kuning dan hijau," ungkap Wisnu.

3. Riau
Penurunan status zona juga terjadi di Riau. Hanya Kabupaten Siak yang berstatus merah per 13 September 2020. Sementara itu, Kabupaten Kuantan Singingi dan Pelalawan berhasil menurunkan statusnya menjadi zona oranye. Namun, status di Kabupaten Indragiri Hulu naik dari rendah menjadi sedang.
 
"Ini harus kita pantau," sebut dia.
 
4. Kepulauan Riau (Kepri)
Penanganan penyebaran di Kepri dinilai bagus. Berdasarkan pemantauan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Kabupaten Kepulauan Anambas, Lingga, dan Natuna konstan berstatus hijau semenjak Minggu, 23 Agustus 2020.
 
Sementara itu, Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan berstatus sedang. Kabupaten Karimun berstatus rendah. Hanya Kota Batam yang masih berstatus merah.
 
5. Sumatra Selatan (Sumsel)
Sumsel menjadi salah satu wilayah yang tidak memiliki zona merah. Mayoritas status penyebaran virus korona di kabupaten/kota di Sumsel sedang. Hanya Kabupaten Musi Rawas Utara dan Ogan Komering Ulu Selatan yang berstatus kuning atau rendah.
 
Baca: Masker Scuba dan Buff Diminta Tak Digunakan di KRL
 
"Tapi zona oranye ini harus menjadi perhatian kita bersama jangan sampai nanti aktivitas pilkada ini menjadi meningkat (menjadi zona merah)," kata Wisnu.
 
6. Lampung
Penyebaran covid-19 di Lampung cukup menjadi perhatian. Pasalnya, tidak ada kabupaten/kota yang berstatus sebagai zona hijau.

Wisnu menyebutkan status kabupaten/kota di Lampung didominasi zona kuning. Sementara itu, Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Timur berstatus oranye.
 
"Kota Bandar Lampung harus berupaya keras ini karena tiga minggu berturut-turur zonanya oranye," ungkap dia.
 
7. Banga Belitung (Babel)
Babel disebut salah satu provinsi yang mampu mengendalikan penyebaran virus korona. Ttidak ada temuan penyebaran virus korona di Kabupaten Bangka Barat dan Belitung Timur.
 
Sementara itu, Kabupaten Bangka Selatan konstan berstatus zona kuning semenjak 23 Agustus 2020. Peningkatan terjadi di Kabupaten Bangka Tengah dari hijau ke kuning.
 
8. Banten
Semua kabupaten/kota di Banten berstatus oranye. Wisnu meminta agar kewaspadaan ditingkatkan di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan karena menjadi kota satelit DKI Jakarta.
 
9. Jambi
Status kabupaten/kota di Jambi stabil kuning. Bahkan, tidak ada temuan kasus penyebaran virus korona di Kabupaten Tanjung Jabung Timur semenjak Rabu, 30 Agustus 2020.
 
"Semoga bisa bertahan hingga saat pemilihan," kata Wisnu.
 
10. Bengkulu
Status penyebaran virus korona di Bengkulu terpantau baik. Hanya Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, dan Seluma yang berstatus sedang. Tidak ada temuan kasus Kabupaten Kaur semenjak 23 Agustus hingga 13 September 2020.

11. Jawa Barat (Jabar)
Status penyebaran virus korona di Jabar yaitu sedang dan rendah. Wilayah yang bertatus oranye yaitu Kabupaten Bandung, Indramayu, Karawang, dan Kota Sukabumi.
 
Wilayah berstatus rendah yaitu Kabupaten Cianjur, Pangandaran dan Tasikmalaya. Sementara itu, Kota Depok berstatus zona merah.
 
"Ini (Kota Depok) karena dekat dengan Jakarta, sangat dipengaruhi Jakarta. Kita harap dengan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) kemarin bisa menekan kasus di sini," ujar dia.
 
12. Jawa Tengah (Jateng)
Status Jateng cukup mengkhawatirkan. Sebagian besar kabupaten/kota di Jateng berstatus oranye. Hanya Kabupaten Pemalang dan Wonogiri berstatus rendah. Sementara itu, Kabupaten Rembang berstatus merah.
 
"Kami tidak berharap aktifitas ini (Pilkada 2020) menjadi meningkat," sebut Wisnu.
 
13. Jawa Timur (Jatim)
Kondisi Jatim tak jauh berbeda dengan Jateng. Status wilayah paling timur Pulau Jawa itu didominasi warna oranye. Hanya Kabupaten Pacitan, Trenggalek, dan Sumenep berstatus berstatus kuning atau rendah.
 
Baca: Pelanggar Protokol Kesehatan Tak Akan Diampuni
 
"Terutama Banyuwangi dan Pasuruan (berstatus merah) harus kita tekan lagi. Minimal menjadi kuning dan hijau," sebut dia.
 
14. DI Yogyakarta
Wisnu menyampaikan pada awalnya penyebaran, penanganan covid-19 di Yogyakarta bagus. Namun, peningkatan wisata dalam beberapa waktu belakangan membuat empat kabupaten/kota di Yogyakarta berstatus sedang per 13 September 2020.

15. Bali
Pulau Dewata awalnya dianggap mampu menangani penyebaran virus korona. Namun, peningkatan terjadi pascacuti bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah pada Jumat, 21 Agustus 2020.
 
"Ini mungkin ada pengaruh libur panjang dan sangat sensitif sekali (meningkatkan penyebaran virus korona)," kata Wisnu.
 
Sebanyak enam kabupaten/kota di Bali berstatus merah pada Minggu, 6 September 2020. Namun, Kabupaten Jembrana dan Tabanan berhasil menurunkan status sepekan kemudian menjadi oranye.
 
16. Nusa Tenggara Barat (NTB)
Penanganan penyebaran virus korona di NTB dinilai cukup bagus. Kabupaten Dompu, Lombok Tengah, dan Sumbawa bertatus zona kuning. Kabupaten Lombok Utara, Sumbawa Barat dan Kota Mataram berstatus zona oranye.
 
17. Nusa Tenggara Timur (NTT)
NTT juga dianggap paling bagus dalam penanganan covid-19. Mayoritas kabupaten/kota di NTT didominasi zona hijau dengan keterangan tidak terdampak dan tidak ada temuan kasus
 
Hanya Kabupaten Malaka, Manggarai, dan Manggarai Barat berstatus zona kuning. Sementara itu, zona oranye hanya terdapat di Kabupaten Suma Timur.
 
18. Kalimantan Barat (Kalbar)
Kalbar menjadi salah satu wilayah di Pulau Kalimantan berstatus aman. Mayoritas kabupaten/kota berstatus kuning. Hanya Kabupaten Sekadau yang berstatus zona hijau.

19. Kalimantan Selatan (Kalsel)
Tingkat penyebaran virus korona di Kalsel mulai menurun. Sebanyak tiga kabupaten/kota, yakni Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, dan Tanah Laut berhasil mngubah status zona penyebaran virus korona menjadi merah ke oranye.
 
Sementara itu, Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Tengah, dan Kotabaru masih berstatus zona merah. Kabupaten/kota selain enam daerah tersebut konstan berstatus oranye selama 6-13 September 2020.
 
20. Kalimantan Tengah (Kalteng)
Zona oranye juga mendominasi status penyebaran virus korona di Kalteng. Sementara itu, Kabupaten Barito Timur, Barito Utara, dan Kota Palangkaraya berstatus merah.
 
"Hanya di Kabupaten Sukamara yang konsisten berwarna hijau," sebut dia.
 
21. Kalimantan Timur (Kaltim)
Risiko sedang atau oranye mendominasi status penyebaran di Kaltim berdasarkan pemantauan 13 September 2020. Sementara itu, Kota Bontang, Balikpapan, dan Samarinda masuk kategori zona merah.
 
Baca: Risiko Menunda Pilkada Dinilai Lebih Berat
 
22. Kalimantan Utara (Kaltara)
Penanganan virus korona di Kaltara dinilai cukup bagus. Hanya di Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan yang masuk kategori zona oranye. Selebihnya berisiko rendah.
 
23. Gorontalo
Status penyebaran virus korona di Provinsi Gorontalo dinilai masih rawan. Seluruh wilayah kabupaten/kota berstatus zona oranye.

24. Sulawesi Barat (Sulbar)
Sulbar juga dianggap masih rawan. Hanya Kabupaten Majene yang berstatus rendah. Di sisi lain, risiko penyebaran virus korona di daerah lainnya yaitu sedang. Bahkan, status penyebaran di Kabupaten Mamuju Utara meningkat cukup signifikan selama 6-13 September dari zona hijau ke oranye.
 
"Loncat dua tingkat. Ini perlu diwaspadai jangan sampai naik," ungkap dia.
 
25. Sulawesi Selatan (Sulsel)
Status penyebaran virus korona di kabupaten/kota Sulsel didominasi zona oranye. Hanya Kabupaten Bulukumba, Soppeng, dan Tana Toraja berstatus kuning.
 
26. Sulawesi Tengah (Sulteng)
Sulteng dianggap bagus dalam pengendalian penyebaran virus korona. Mayoritas penyebaran virus korona di Sulteng didominasi zona kuning. Sementara itu, Kabupaten Banggai Laut dan Sigi berstatus zona hijau.
 
"Hanya satu saja yang menjadi perhatian yaitu Donggala (zona oranye)," kata Wisnu.
 
27. Sulawesi Tenggara
Kondisi serupa Sulteng terlihat di Sulawesi Tenggara. Hanya dua kabupaten, yakni Konawe Selatan dan Muna, yang kategori tingkat penyebarannya sedang.
 
28. Sulawesi Utara (Sulut)
Penyebaran virus korona di Sulut cukup rentan mengalami peningkatan. Wilayah berstatus sebagai zona oranye cukup banyak. Hanya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud yang berstatus zona kuning.

"Sementara Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berstatus zona hijau," sebut Wisnu.
 
29. Maluku
Penanganan penyebaran virus korona di Maluku cukup bagus. Hanya Kabupaten Maluku Barat Daya yang beresiko rendah. Sementara itu, Kabupaten Kepulauan Aru, Buru Selatan dan Seram Bagian Timur berstatus zona hijau.
 
"Kita harus mengendalikan ini agar tidak meningkat menjadi kuning (ringan)," sebut dia.
 
30. Maluku Utara (Malut)
Kondisi berbeda dialami 'saudara muda' Provinsi Maluku. Tingkat penyebaran virus korona di Malut didominasi zona oranye. Hanya Kabupaten Kepulauan Taliabu berstatus zona hijau.
 
31. Papua
Status penyebaran virus korona di Papua cukup beragam. Kabupaten Asmat, Mamberamo Raya dan Yahukimo dan Waropen berstatus zona hijau dengan keterangan tidak terdampak dan tidak ada kasus.
 
Sementara itu, status penyebaran di Kabupaten Merauke, Pengunungan Bintang, dan Yalimo masuk kategori zona kuning. Kabupaten Boven Digoel, Keerom, Nabire dan Supiori berstatus zona oranye.
 
32. Papua Barat
Status penyebaran virus korona di Papua Barat didominasi zona oranye. Hanya Kabupaten Kaimana, Pegunungan Arfak, dan Raja Ampat yang berstatus hijau.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif