Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Kebutuhan Anggaran Pilkada Sumsel Naik 20%

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Gonti Hadi Wibowo • 02 Juli 2020 19:52
Palembang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan, menyebut kebutuhan anggaran Pilkada Serentak 2020, yang akan diselenggarakan di tujuh kabupaten meningkat hingga 20 persen.Sebelumnya, KPU Sumsel menyatakan membutuhkan anggaran pilkada sebesar Rp300 miliar.
 
"Untuk nominal pastinya dari 20 persen itu saya belum bisa memerinci. Nanti bisa ditanya ke Ketua KPU Sumsel," kata anggota KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Hepriyadi mengatakan tambahan kebutuhan anggaran itu lantaran pelaksanaan pilkada serentak harus dengan protokol kesehatan seperti menyediakan alat pelindung diri (APD), dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, faktor lain yang membuat dana pilkada meningkat yakni pengurangan jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga berdampak kepada penambahan TPS di tujuh kabupaten.
 
Baca juga:494 Pengawas Kawal Verifikasi Faktual Pilkada Purworejo
 
“Penambahan TPS juga berpengaruh pada penambahan petugas dan kelengkapan lainnya. Misalnya tenda," ungkapnya.
 
Hepriyadi menjelaskan, pihaknya saat ini telah mendapatkan bantuan anggaran dari APBN yang dicairkan bertahap ke kabupaten yang menyelenggarakan pilkada. Sedangkan bantuan dari daerah meliputi pelaksanaan rapid test kepada petugas penyelenggara pilkada.
 
"Misalnya di Kabupaten OKU penambahan dana pilkada mencapai Rp3 miliar dan di OKU Timur mencapai Rp7 miliar. dana tersebut untuk menutupi perubahan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi covid-19," jelasnya.
 
Saat ini pihaknya juga berupaya melakukan refocusing anggaran dari beberapa pos. Salah satunya dari kegiatan kampanye yang ditiadakan selama pandemi.
 
“Dana ini nantinya juga akan dialihkan untuk menutupi kekurangan dalam penambahan TPS,” ungkap dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif