PKS: Presiden Terpilih Harus Dihormati
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. MI/Atet Dwi P
Jakarta:Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta semua tim pemenangan capres dan cawapres berkomitmen meredam suasana pascapilpres 2019. Menurutnya, saling klaim kemenangan bisa membuat perpecahan di masyakarat semakin lebar.

"Kita apresiasi siapapun pemenangnya. Enggak usah ketakutan diambil Tim Kampanye Nasional (Jokowi-Ma'ruf) atau Badan Pemenangan Nasional (Prabowo-Sandi) kok," kata Mardani di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 3 Mei 2019.


Menurut Mardani, tensi politik memanas karena kedua masing-masing tim pemenangan salin perang urat syaraf. Saling adu mulut ini bisa berimbas ke masyarakat bawah.

"Sebaiknya BPN tidak mengomentari TKN, dan TKN tidak mengonmentrasi BPN. Enggak usah saling sahut, yang seperti itu membuat publik semakin pecah," ujar Mardani.

Di sisi lain, ia mengapresiasi angka partisipasi pemilih di Pilpres 2019 meningkat. Namun, ini berbanding lurus dengan besarnya polarisasi antara kedua kubu.

"Semakin orang punya asosiasi, ujungnya ada diasosiasi. Siapa yang terasosiasi dengan Pak Jokowi, pasti jauh dari Pak Prabowo dan sebalikyna," ujarnya.

Solusinya, butuh keteladanan dari para elite politik. "Cara terbaiknya adalah elite harus segera mulai komunikasi," pungkas Mardani.



(NUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id