Pilkada Lancar, Wiranto: Tetap Waspada
Menkopolhukam Wiranto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto bersyukur perhelatan Pilkada 2018 berjalan lancar. Namun, Wiranto meminta aparat keamanan tetap waspada, karena pesta rakyat itu belum sepenuhnya selesai.
 
"Alhamdulillah bahwa seluruh wilayah pemilihan di 171 daerah dilaporkan secara umum aman, lancar, tertib, dan terkendali," kata Wiranto usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengaman Pilkada di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 27 Juni 2018.
 
Rapat ini juga dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan.
 
Rapat ini juga diikuti oleh Kapolda, Dandim, dan Pangdam dari seluruh wilayah di Indonesia. Wiranto mengungkapkan tak ada laporan gangguan keamanan berarti selama pelaksanaan pemungutan suara.
 
"Tidak ada juga aksi teror meneror TPS yang melangsungkan pemilihan," katanya.

Baca: Pilkada 2018 Kondusif


Meski begitu, Wiranto mengakui ada sejumlah kendala masih terjadi di beberapa wilayah. Namun kendala-kendala itu relatif bisa ditangani.
 
"Kalau kita lihat di 171 daerah pemilihan, setelah kita hitung, ada 387.586 TPS. Yang bermasalah tidak lebih dari 10 TPS. Memang ada penundaan dari dua kabupaten, namun saya kira ini rasio yang sangat kecil dan kita bersyukur untuk itu. Secara umum, maka pelaksnaan Pilkada serentak ini sukses, aman, dan terkendali," katanya.
 
Meski begitu, Wiranto mengingatkan kepada semua aparat keamanan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada belum selesai. Masih ada proses pengawalan surat suara kembali ke KPU dan proses perhitungan surat suara.
 
Terkait dengan hal itu, Wiranto meminta semua aparat agar tetap siaga serta tetap memegang teguh netralitasnya.
 
"Netralitas ini merupkan reputasi dari suatu demokrasi yang tengah kita kembangkan," tandasnya.



(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id